Dukung Perempuan dalam Bisnis Fashion, MFWS Adakan Pertemuan dengan Pengusaha Perempuan dari Berbagai Daerah

By Maria Ermilinda Hayon, Selasa, 16 Januari 2024 | 10:05 WIB
MFWS Adakan Pertemuan dengan Pengusaha Perempuan dari Berbagai Daerah (MFWS)

 

NOVA.id - Menyambut pagelaran Modest Fashion & Womenpreneur Summit (MFWS) 2024 yang akan segera digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, perusahaan PT Kreasi Mode International (KMI) mengadakan pertemuan dengan pengusaha dari berbagai daerah, yang mayoritasnya berasal dari brand fesyen.

Acara ini merupakan bentuk kolaborasi PT KMI dengan brand By Ayu Dyah Andari, BT Batik Trusmi, dan Zeta Privé ini diadakan di gerai BT Batik Trusmi Jakarta yang berlokasi di bilangan Pondok Indah pada 8 Januari 2024 pukul 15.00 WIB.

Melalui acara ini, PT KMI ingin menyebarluaskan kesadaran terhadap pentingnya kolaborasi bagi pengusaha perempuan dalam menghadapi persaingan bisnis modern.

Pembahasan ini dilakukan lewat dialog yang dipimpin oleh CEO PT KMI, Ayu May Fakih.

“Berkolaborasi itu menurut saya sangat berdampak sekali. Dulu market Batik Trusmi ya sudah orang-orang yang suka batik, gitu ‘kan?

Ketika berkolaborasi dengan market-nya Ayu Dyah Andari yang tadinya enggak tahu batik, terus batik itu didesain sama Ayu Dyah Andari menjadi sebuah dress yang cantik,

akhirnya market kita yang tadinya cuma market Batik Trusmi dengan market-nya Ayu Dyah Andari akhirnya bersatu.

Jadi, pastinya memperluas market kita dan juga memperbesar networking kita. Yang tadinya enggak tahu, jadi tahu. Yang tadinya enggak suka, jadi suka,” jelas Sally Giovanny, pemilik brand BT Batik Trusmi dalam sambutannya.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa penyelenggaraan MFWS 2024 dilatarbelakangi oleh visi besar untuk mewujudkan Indonesia menjadi pusat modest fashion di Asia Tenggara.

“Akan sayang banget kalau Indonesia enggak jadi yang memegang peran [bagi penyebaran] modest fashion.

Aku pengin banget kita sama-sama di sini ke mana-mana, ke luar negeri, tapi Indonesia duluan nge-lead. Berkolaborasi sama semua womenpreneur yang ada di Indonesia. Aku sendiri sudah ngerasain dan wow menyenangkan, ya.

Baca Juga: 2024 Tampil Menawan dengan Inspirasi Heritage Indonesia Karya Lokal

Selain bisa memperluas pasar, kita juga bisa jadi banyak teman. Perlu banget di bisnis tuh punya banyak teman,” terang Trisha Amanda Ardi Chas, pemilik brand Zeta Privé dalam sambutannya.

Diterangkan pula bahwa MFWS 2024 merupakan kesempatan bagi para pengusaha perempuan untuk berkolaborasi dan juga mengenalkan brand-nya ke pasar global.

Apalagi, mengingat kemajuan teknologi yang memungkinkan transaksi antar negara menjadi kian mudah.

Pengusaha perempuan modern harus siap memanfaatkannya untuk memajukan bisnis.

“Ini (acara) internasional. Diinisiasi oleh orang Indonesia dan yang sudah daftar bukan 1-2 negara. (Informasi) terbaru ternyata sudah 66 negara mendaftar ke acara ini.

Jadi, ada rasa bangga, ada rasa wah this is a first time dan I have to be jadi bagian untuk mensukseskan acara ini sama-sama.

Karena bukan hanya di KL, insha Allah akan ada juga di Turki dan Brunei. Dan, untuk acara pertama ini yuk kita suksesin sama-sama produk dalam negeri tapi kita bawa ke level internasional.

Jadi, ayo kita sukseskan sama-sama. Siapa tahu rezeki kita karena ikut ke MFWS ini kita go international karena di situ kita ketemu sama womenpreneur seluruh dunia,” ujar Ayu Dyah Andari, pemilik brand By Ayu Dyah Andari dalam sambutannya.

Pertemuan intim ini juga dihadiri oleh selebriti dan influencer ternama Inara Rusli yang juga pelaku dalam dunia modest fashion dan womenpreneurship.

Hadir pula beberapa tokoh perempuan, salah satunya Sri Suparni Bahlil, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas yang juga dikenal sebagai istri dari Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal yang turut serta mendukung acara MFWSS 2024.

“Event ini merupakan event pertama yang aku temuin, biasanya kan acaranya sekadar meet up dan happy-happy aja aja, ini ada tukar pikirannya. Membuka networking semakin luas, dan membuka peluang secara global,” ungkap salah satu peserta yang hadir. (*)