Canola Oil, Rendah Lemak Jenuh dan Mengandung Omega 3

By nova.id, Rabu, 13 Mei 2015 | 10:09 WIB
Canola Oil Rendah Lemak Jenuh dan Mengandung Omega 3 (nova.id)

Tabloidnova.com - Kegemaran akan makanan yang digoreng sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, saking disukainya, hampir semua makanan mulai dari sayuran hingga buah-buahan pun bisa disajikan dalam bentuk gorengan.

Menanggapi fenomena tersebut, Nutrifood melalui salah satu brand unggulannya - Tropicana Slim, kembali berinovasi melalui peluncuran produk terbarunya, yakni Tropicana Slim Canola Oil. Minyak Kanola ini diyakini bisa dijadikan pilihan minyak yang lebih sehat karena rendah lemak jenuh dan mengandung  Omega-3, sehingga baik untuk jantung.

Tropicana Slim Brand Manager Noviana Halim,  ST, MM mengatakan dalam peluncuran Tropicana Slim Canola Oil, "Tropicana Slim percaya bahwa hidup sehat dapat dimulai dari rumah, khususnya melalui makanan yang dimasak oleh Ibu untuk keluarga. Tropicana Slim Canola Oil rendah lemak jenuh dan mengandung omega 3 sehingga dapat menjadi alternatif minyak yang lebih sehat."

Pada kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan, "Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan minyak pada masakan mampu memberikan cita rasa yang sedap. Mendengar kata minyak juga biasanya akan akan terbayang kata-kata gemuk, tidak sehat, dan tinggi kalori. Namun, bukan berarti kita harus menghindarinya, karena tubuh tetap membutuhkan lemak dari makanan untuk membantu kerja tubuh lebih baik," urainya.

Ia pun mengungkap, penggunaan minyak goreng yang sehat pun harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. "Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 30 tahun 2013, batasan konsumsi minyak maksimal hanya 67 gram atau setara 5 sendok makan."

Perlu diketahui, lemak pun ada yang jenuh dan tak jenuh. Lemak tidak jenuh adalah lemak yang baik untuk tubuh karena bisa berfungsi untuk melancarkan jalur sirkulasi darah. "Sumber ini yang dapat diperoleh di antaranya dari kacang-kacangan, alpukat, minyak  jagung, olive oil, termasuk minyak kanola," tambah dr. Fiastuti.

Dan untuk mendukung pola hidup sehat, Noviana kembali menekankan, selain memilih minyak goreng yang sehat, masyarakat juga disarankan untuk mengganti proses menggoreng (deep frying) dengan proses masak yang lebih sehat. "Mengolah makanan dengan proses menumis, memanggang, dan pan-frying menjadi opsi yang jauh lebih menyehatkan bila dibandingkan dengan menggoreng." 

Produk Tropicana Slim Canola Oil ini sudah tersedia di semua supermarket dan hypermarket terkemuka serta dapat dibeli secara online di www.nutrimart.co.id.

Annelis BrilianFoto: Dok. Tropicana Slim