Peringati Hari Kartini, AirAsia Indonesia Gelar Fashion Show di Ketinggian 39 Ribu Kaki!

By nova.id, Rabu, 22 April 2015 | 01:59 WIB
Peringati Hari Kartini AirAsia Indonesia Gelar Fashion Show di Ketinggian 39 Ribu Kaki (nova.id)

Tabloidnova.com - Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April kali ini. Untuk ikut memperingatinya, AirAsia Indonesia menggelar Kartini Flight untuk pertama kalinya, dalam penerbangan QZ 7526 rute Jakarta-Denpasar menggunakan pesawat A320-200.

Yang istimewa dalam Kartini Flight ini adalah dalam pengoperasian pesawat komersial berpenumpang 165 orang dan pelayanan di dalam kabinnya dilakukan oleh perempuan semua. Dengan melibatkan enam Srikandi AirAsia Indonesia, yakni dua orang pilot perempuan, Capt. Dewi Meilina dan co-pilot Jessica Jana Johan, serta empat orang pramugari.

Kartini Flight ini sangat unik dan berlangsung meriah di atas ketinggian 39 ribu kaki di udara. Sebab, selain dioperasikan oleh dua pilot dan awak kabin yang seluruhnya perempuan, AirAsia Indonesia juga melibatkan seluruh penumpangnya dalam memperingati Hari Kartini.

Para awak kabin pun ikut memeriahkan Kartini Flight dengan mengenakan aksesori bertema perayaan Hari Kartini, berupa bando bercorak batik dan selendang warna-warni. Selain itu, berbagai games dan hadiah menarik disediakan untuk menghibur seluruh penumpang dalam penerbangan yang memakan waktu selama 1 jam 40 menit itu.

Sebelum menggelar berbagai kegiatan unik di atas udara, para awak kabin mengajak semua penumpang untuk menyanyikan lagi Ibu Kita Kartini di dalam pesawat, untuk mengenang jasa-jasa pahlawan perempuan Indonesia yang terkenal sangat gigih dalam memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia demi mendapatkan pendidikan tinggi di masanya.

Selanjutnya, digelar lomba fashion show mengenakan kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini di ketinggian 39 ribu kaki untuk dua penumpang perempuan dan kuis bagi penumpang lain yang dapat menjawab pertanyaan para awak kabin.

Bagi dua peserta fashion show, AirAsia Indonesia teah menyediakan hadiah khusus yang istimewa, termasuk sejumlah suvenir menarik berupa merchandise AirAsia bagi para pemenang kuis.

Seluruh penumpang pun mengaku sangat senang bisa ikut memperingati Hari Kartini dengan cara yang unik di dalam pesawat, seperti yang dilakukan oleh AirAsia Indonesia. Ternyata, banyak penumpang yang tidak menyadari bila di hari itu merupakan peringatan Hari Kartini.

Peringati Hari Kartini AirAsia Indonesia Gelar Fashion Show di Ketinggian 39 Ribu Kaki (nova.id)
Peringati Hari Kartini AirAsia Indonesia Gelar Fashion Show di Ketinggian 39 Ribu Kaki (nova.id)

"Saat lomba fashion show digelar di atas ketinggian 39 ribu kaki, para penumpang Kartini Flight QZ 7526 ikut mengabadikan momen unik ini. (FOTO: INTAN Y. SEPTIANI/NOVA) "

Namun mereka mengaku ikut merasa bangga setelah mengetahui bahwa yang mengoperasikan pesawat yang membawa mereka dari Jakarta ke Denpasar adalah dua orang perempuan. "Wah, hebat juga, ya, dua-duanya ternyata pilot perempuan. Saya ikut bangga mendengarnya," tutur seorang penumpang yang sebelumnya tak mengetahui bila pesawat yang ditumpanginya dioperasikan oleh dua pilot perempuan.

Intan Y. Septiani

FOTO: INTAN/NOVA