3 Jenis Kebaya yang Sedang Diminati

By nova.id, Senin, 12 Januari 2015 | 00:23 WIB
3 Jenis Kebaya yang Sedang Diminati (nova.id)

TabloidNova.com - Pakaian nasional wanita Indonesia ini, memang memiliki seribu wajah. Dalam satu masa, Indonesia bisa memiliki begitu banyak potongan maupun filosofi kebaya, dilatarbelakangi keragaman budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sebutlah, kebaya Bali yang dicirikan dengan selendang di pinggang, kebaya Labuh dari Riau, kebaya Wuyang dari Minahasa, Kutubaru dari Jawa, atau baju kurung basisit yang digunakan suku Dayak, di Kalimantan Tengah.

Di antara sejumlah gaya kebaya, mana saja yang menjadi kesukaan Anda? Berikut tiga jenis kebaya yang sedang diminati dan dapat digunakan dalam berbagai suasana.

1. Kebaya KutubaruModel kebaya berpotongan klasik ini rasanya tak pernah salah dikenakan dalam berbagai kesempatan. Dari kutubaru berkain motif bunga-bunga yang playful, hingga kutubaru dari bahan beledu yang mewah, selalu menjadi penunjang penampilan yang feminin namun simpel dan nyaman digunakan.

Padukan dengan kain baik bermodel wiron alias wiru, lalu lengkapi dengan selendang bernuansa senada untuk suasana yang lebih formal.

2. Kebaya EncimUmumnya, kebaya encim terbuat dari kain katun polos dan tipis alias semi transparan. Gunakan dalaman berupa kutung, tanktop, atau bustier berwarna senada.

Mengingat kain pada kebaya encim yang umumnya polos dengan warna lembut, maka model kebaya ini akan sangat cantik jika dipadu dengan kain bermotif cerah agar tampilan lebih segar dan ceria.

3. Kebaya KontemporerKebaya kontemporer hadir dalam beragam model, namun dengan gaya yang lebih simpel dan mudah dikenakan dalam segala kesempatan. Pilih model pakaian yang dapat dipadu-padan dengan berbagai lilitan kain atau bahkan rok, sehingga Anda dapat tampil modern kala mengenakan budaya nasional ini.

Ita Adnan

Foto: Adrianus Adrianto, Eng Naftali / NOVA