Kemegahan Budaya Islam di Andalusia dalam Koleksi Irna La Perle

By nova.id, Senin, 2 Maret 2015 | 11:57 WIB
Kemegahan Budaya Islam di Andalusia dalam Koleksi Irna La Perle (nova.id)

TabloidNova.com - Sebagian dari benua Eropa kita ketahui menyimpan jejak peradaban Islam pada abad ke-16 dan 17. Salah satunya adalah Andalusia, sebuah daerah otonomi di Spanyol. Pengaruh budaya Islam tampak pada bangunan arsitekturnya, seperti Alhambra di Granada dan Mezquita di Cordoba.

Kemegahan budaya Islam di Andalusia inilah yang coba diangkat oleh desainer Irna Mutiara melalui brand busana pengantin Irna La Perle. Pada pagelaran Indonesia Fashion Week hari ke-3 di Jakarta Convention Center, Sabtu (28/2), Irna Mutiara memamerkan koleksi busana pengantin terbaru bertema "Andalusia Belleza".

Sebanyak 20 potong busana pengantin bernuansa "Espanola" ditampilkan untuk koleksi tahun 2015 ini. "Dari awal, koleksi Irna La Perle ini berciri khas global. Mengangkat Eropa dengan Paris sebagai kota modenya, tapi dengan kaidah busana muslim," paparnya saat jumpa pers.

Busana pengantin ditampilkan dengan rancangan yang simpel, terutama dengan potongan H-line dan A-line. Seluruh penutup kepalanya dilengkapi dengan jubah panjang, baik yang berlengan maupun yang hanya ditudungkan di atas kepala.

Kemegahan Budaya Islam di Andalusia dalam Koleksi Irna La Perle (nova.id)
Kemegahan Budaya Islam di Andalusia dalam Koleksi Irna La Perle (nova.id)

"Koleksi Irna La Perle bertema "Andalusia Belleza" didominasi warna merah dan biru tua. "

Meskipun mengambil tema Spanyol, namun Irna tetap memberikan sentuhan budaya lokal. Hal ini tampak dalam detail cross stitch (kristik, atau strimin) motif floral, piping keemasan untuk membingkai bordiran, lipit, dan sulam usus.

"Koleksi terbaru ini menggunakan bordir daerah khas dengan tampilan kontemporer, dengan memakai cutting desain baru yang bisa diaplikasikan ke busana muslim," tambah Irna, yang sehari sebelumnya menggelar show bertema "Miracle of the Sun", hasil kolaborasinya dengan siswa SMK Nahdlatul Ulama Banat, Kudus, Jawa Tengah.

Kombinasi warna, bahan, dan aplikasi tersebut menciptakan tampilan busana pengantin yang mewah dan elegan.

Dini Felicitas

FOTO-FOTO: NOVA/DINI FELICITAS