Cara Mengobati Luka Ringan Tanpa ke Dokter (1)

By nova.id, Jumat, 1 Mei 2015 | 18:57 WIB
Cara Mengobati Luka Ringan Tanpa ke Dokter 1 (nova.id)

Tabloidnova.com - Si Kecil mengalami luka ringan saat sedang bermain di rumah? Tak perlu panik berlebihan bila Anda menguasai cara mengobati luka ringan tanpa ke dokter alias dilakukan sendiri di rumah.

Anda tentu sudah tahu kepanjangan dari P3K, bukan? Ya, P3K merupakan pertolongan pertama pada kecelakaan. Dengan P3K, berbagai jenis kecelakaan ringan yang menimbulka luka, yang mungkin saja terjadi di rumah sehingga dapat teratasi dengan segera.

Akan tetapi, Anda juga sebaiknya mengetahui kecelakaan ringan apa saja yang kerap terjadi di dalam rumah dan lingkungan sekitar, termasuk luka jenis apa saja yang dapat diatasi segera dengan cara P3K. Bahkan Anda pun bisa mengajari si kecil sejak dini untuk melakukan P3K, lo, sehingga ia bisa lebih mandiri.

Berikut sejumlah jenis luka akibat kecelakaan ringan di rumah yang dapat diatasi dengan P3K, serta cara mengobati luka ringan tersebut, yang perlu Anda ketahui:

Mengobati Luka Bakar Ringan

1. Untuk mengatasi luka bakar ringan, misalnya terkena percikan minyak panas, korek api, atau tersiram air panas, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah membilas luka dengan air dingin yang mengalir selama 10 menit.2. Tutup luka bakar dengan kain kasa steril tanpa tekanan dan tanpa perekat. Selanjutnya, jangan pecahkan luka lepuh. Biarkan hingga luka kempes sendiri.3. Jangan lepaskan pakaian yang menempel pada luka bakar. Bila perlu, potong pakaian tersebut.4. Untuk luka bakar berat, segera hubungi rumah sakit terdekat.

Pemulihan Bila Tersengat Listrik

1. Pastikan penolong dalam keadaan aman terlebih dulu, kemudian matikan aliran listrik.2. Amankan penderita yang tersengat listrik dari sumber listrik, dengan menggunakan benda isolator seperti kain, selimut, dan sebagainya.3. Jika diperlukan, lakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation atau Resusitasi Jantung Paru) atau pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas akibat sebab tertentu, dengan menggunakan AED (Automated External Defibrilator) atau perangkat portable kejutan listrik melalui dada ke jantung, secara hati-hati dan ikuti tata cara penggunaannya.4. Jika akibat sengatan listrik cukup parah, segera hubungi rumah sakit.

Mengobati Keracunan1. Cek respons tanda vital kehidupan. Bila diperlukan, mulai lakukan Bantuan Hidup Dasar.2. Bila korban mengalami muntah, bantulah mereka dan ambil sampel mutahannya.3. Hubungi pihak rumah sakit dan ikuti instruksi mereka.4. Dampingi dan pastikan korban tidak makan dan minum terlebih dulu.5. Jika diperlukan, gunakan sarung tangan sebagai perlindungan si penolong.

Luka Berdarah1. Cara mengobati luka ringan yang berdarah, seperti ketika luka tersayat benda tajam, hentikan perdarahan dengan cara menekan daerah luka menggunakan kain bersih atau kasa steril hingga perdarahan berhenti.2. Lindungi luka dari infeksi dengan menutupinya menggunakan kain kasa steril atau plester. Pilih plester yang berkualitas baik, yakni fleksibel dan memiliki daya rekat baik.3. Untuk kasus luka dalam dan luka yang mengalami perdarahan besar, gunakan perban ikat dan segera hubungi rumah sakit terdekat.

(BERSAMBUNG)

Intan Y. SeptianiSUMBER: IDE & HANSAPLAST