Pentingnya Air Minum Bersih untuk Pendidikan Seluruh Anak di Dunia

By nova.id, Selasa, 21 April 2015 | 10:11 WIB
Pentingnya Air Minum Bersih Untuk Pendidikan Seluruh Anak di Dunia (nova.id)

TabloidNova.com - Ibarat sebuah negara, maka generasi muda adalah fondasinya. Tak pelak, semua hal baik yang menyangkut kondisi kesehatan dan pendidikan generasi penerus bangsa selalu menjadi fokus utama, demi mencapai generasi terbaik dari masa ke masa.

Ungkapan ini tercetus dari Allison Tummon, P&G "Children's Safe Drinking Water" Program Leader saat media briefing Kampanye CSR P&G berupa menyumbangkan donasi lebih dari 65 juta liter air minum bersih untuk Nusa Tenggara Timur, di Hotel Meridien, Jakarta, Selasa (21/4).

Pentingnya air minum bersih dan kaitannya dengan pendidikan seluruh anak di dunia turut diungkapkan oleh Allison yang sudah sejak sepuluh tahun lalu mewakili P&G dalam untuk membantu bencana alam di Indonesia.

"Air minum bersih jelas berkaitan dengan pendidikan anak-anak di dunia, karena untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan mampu menerima ilmu yang dipelajari, anak-anak harus dalam kondisi sehat agar dapat bersekolah, berkonsentrasi, dan mengasah otaknya untuk menjadi cerdas. Air minum bersih menjadi salah satu komponen pendukung kesehatan tubuh yang penting," jelas Allison pada TabloidNova.com .

Ucapan ini seiring dengan fakta yang terjadi di dunia sekarang, bahwa terdapat lebih dari seribu anak-anak yang meninggal setiap harinya disebabkan oleh penyakit yang timbul dari pencemaran air.

Kondisi kebersihan dan sanitasi yang buruk disertai fasilitas air minum yang kotor menjadi penyebab kematian terbesar di dunia. Bahkan, risikonya lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit HIV/AIDS dan malaria.

"Air merupakan elemen yang paling penting dalam mendukung kehidupan manusia. Air merupakan kebutuhan dasar manusia, dan setiap orang membutuhkan air bersih dan aman untuk diminum dan keperluan lainnya. Air kotor dapat berdampak pada penyakit yang mematikan," tambah Guru Naik, National Director ChildFund Indonesia. 

Ridho NugrohoFOTO: Express UK