Jangan Sembarang Minum, Ini Syarat Air Minum yang Baik Bagi Tubuh

By nova.id, Kamis, 19 Maret 2015 | 14:58 WIB
Jangan Sembarang Minum Ini Syarat Air Minum yang Baik Bagi Tubuh (nova.id)

Tabloidnova.com - Salah satu syarat air minum yang baik bagi tubuh adalah harus "sehat". Artinya, mengandung mineral esensial yang dibutuhkan tubuh.

WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa air mineral dikonsumsi untuk melengkapi atau mencukupi kebutuhan mineral yang berasal dari makanan. Oleh karena itu, air minum yang baik bagi tubuh harus mengandung mineral sebagai berikut:

1. Air minum yang baik bagi tubuh harus mengandung Fluoride untuk mencegah karies dan menjaga kesehatan gigi.2. Kandungan natrium juga diperlukan untuk mendukung keseimbangan cairan.3. Magnesium dan kalsium untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah.4. Kalium untuk mendukung proses transmisi saraf dan kontraksi otot.5. Silika untuk mendukung kesehatan kulit dan menjaga integritas tulang.6. Air minum yang baik bagi tubuh juga mengandung zinc yang berperan sebagai koaktivator dalam 300 lebih reaksi enzim dalam tubuh.

Secara kualitas, air minum yang baik bagi tubuh adalah yang aman dan sehat. Aman artinya bebas mikroba (bakteri, jamur, parasit) patogen serta bebas kontaminan kimia. Sehat artinya mengandung mineral esensial yang dibutuhkan tubuh, jadi tidak sekadar tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa.

Sementara secara kuantitas, harus disesuaikan jumlah air yang dikonsumsi untuk semua golongan usia dan kelamin, kemudian dipenuhi dengan beberapa kali minum dalam sehari. Contohnya setelah dihitung ternyata Anda memiliki kebutuhan air 2,5 liter per hari, tentu tidak diminun sekaligus, tapi bisa dipecah menjadi minimal 8 kali minum sehari.

Ade Ryani HMK/dari berbagai sumber