Manfaat Teh Hijau, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Disfungsi Ereksi (2)

By nova.id, Sabtu, 7 Februari 2015 | 11:23 WIB
Manfaat Teh Hijau Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Disfungsi Ereksi 2 (nova.id)

Tabloidnova.com - Teh hijau yang berasal dari daun Camellia sinensis ini pada umumnya telah mengalami oksidasi minimal selama pemrosesannya. Dan kendati berasal dari Cina, namun teh hijau telah terkait dengan banyak budaya di seluruh Asia. Nah, jika lupa apa saja manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh, berikut daftarnya untuk kembali mengingatkan Anda:

8. Teh Hijau Jaga Kondisi Mulut & GigiSebuah studi menunjukkan, kandungan anti-oksidan yang secara kimia disebut catechin atau katekin dalam teh dapat menghancurkan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi tenggorokan, gigi berlubang, dan masalah gigi lainnya. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Preventive Medicine, minum satu cangkir teh hijau tanpa gula dapat meningkatkan kesehatan gigi.

Selain itu, manusia berusia 40 - 64 tahun yang rutin minum satu cangkir teh hijau per hari akan berkurang risiko mereka untuk kehilangan gigi. Menurut penelitian, molekul anti-mikroba yang disebut katekin inilah alasan utama untuk efek ini. Maka, pasta gigi mengandung teh hijau yang saat ini banyak terdapat di rak-rak toko obat atau apotek dipastikan menambah dosis harian Anda teh.

9. Teh Hijau Kurangi Gejala DepresiKandungan zat theanine atau asam amino alami dalam daun teh inilah yang diperkirakan memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Sehingga menikmati teh hijau dapat menjadi manfaat besar bagi si peminum teh. Bisa dikatakan, teh hijau ini memiliki efek plasebo yang setara dengan dua cangkir teh hijau.

10. Teh Hijau Sebagai Anti-virus dan Anti-bakteriZat katekin dalam teh hijau merupakan agen anti-bakteri dan anti-virus yang sangat kuat, yang membuat mereka efektif mengobati segala penyakit, dari flu hingga kanker. Dalam beberapa penelitian, teh hijau bahkan telah terbukti dapat menghambat penyebaran berbagai penyakit.

11. Teh Hijau Jadikan Kulit Awet MudaTeh hijau juga bisa membantu mencegah munculkan kerutan dan tanda-tanda penuaan dini, karena adanya zat antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya. Percobaan pada hewan maupun manusia juga telah menunjukkan, teh hijau dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Zat anti-oksidan jenis epigallocatechin gallate dalam teh hijau dapat mencegah aktivasi berkurangnya kolagen, dengan cara mencerna enzim yang disebut matriks metaloproteinase. Enzim inilah yang dapat menyebabkan munculnya kerutan pada kulit.

Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit. Mengoleskan losion dan krim dengan ekstrak teh hijau atau minum teh hijau secara teratur, dapat menghindari penuaan dini dan timbulnya keriput.

Intan Y. Septiani/Tabloidnova.com

SUMBER: THE CHINESE GUEST