Salad Kacang Polong, Menu Sehat Untuk Detoksifikasi

By nova.id, Rabu, 28 Januari 2015 | 04:28 WIB
Salad Kacang Polong Menu Sehat Untuk Detoksifikasi (nova.id)

TabloidNova.com - Penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, bahkan kanker sekalipun, dipicu oleh pola hidup yang sehat, salah satunya soal makanan yang dikonsumsi. Menu sehat detoksifikasi seperti salad kacang polong diperlukan untuk mengusir timbunan lemak selain rutin berolahraga.

Menurut dr. Purusthothaman Munirathinam, detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun atau toksin dari tubuh sebagai rahasia program diet agar tetap sehat dan bugar. Sehingga memang diperlukan kombinasi antara olahraga misalnya yoga, senam aerobik, atau zumba, beserta raw food yang berasal dari sayuran dan buah-buahan segar. 

Pada kesempatan acara peluncuran buku Langsing Awet Muda dengan Detoks Yoga terbitan Gramedia Pustaka Utama di Toko Buku Gramedia, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (27/1). Dokter Naturopathy asal India tersebut juga memberi demo contoh menu sehat untuk detoksifikasi yang bisa jadi asupan selama menjalani masa detoks. Demo masak raw food tersebut dilakukan oleh Nicole, Masterchef Junior Indonesia.

Nicole menawarkan salad kacang polong sebagai menu sehat detoksifikasi. Sejumlah bahan makanan yang digunakan, diklaim Nicole mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, mencegah dehidrasi, kaya antioksidan, dan berbagai khasiat lainnya.

Penggunaan kacang polong untuk hidangan salad bukan tanpa sebab. Dr. Puru juga mengungkapkan bahwa sayuran atau buah berwarna lebih hijau gelap mengandung antioksidan lebih tinggi dibanding yang tidak. Kacang polong ternyata mengandung sejumlah besar vitamin A, B1, B6, C, dan K yang ampuh melawan osteoporosis serta meningkatkan kesehatan tulang. Anda juga bisa mengambil sumber protein nabati dari kacang polong yang tinggi serat, rendah kalori, dan hampir tak mengandung lemak yang cocok bagi program diet.

Bagi Anda yang berniat mencicipi hidangan salad kacang polong, berikut aneka bahan yang perlu disiapkan: 15 ons kacang polong, ½ bawang Bombay, ½ irisan mentimun, 1 buah paprika merah dan hijau, 2 siung bawang putih, 2 buah tomat, perasan 1 air jeruk lemon, ¼ sendok makan garam, 1 sendok minyak zaitun (virgin oil), lalu tambahkan irisan kentang kukus sesuai selera Anda.

Aduk campur hingga merata dan siap disantap saat pagi dan sore hari.

Ridho Nugroho