Nonton Infotainment Bikin Kita Bahagia, Wajar Enggak Sih?

By nova.id, Minggu, 14 Mei 2017 | 05:45 WIB
Nonton Infotainment Bikin Kita Bahagia Wajar Enggak Sih (nova.id)

 Gosip tentang selebriti mudah sekali membekas dalam ingatan kita. Apalagi yang berkaitan dengan perceraian atau tindak kriminal yang dilakukan selebriti. Rasanya ada kesenangan tersendiri setelah mengetahui kehidupan pribadi para artis tersebut.

Wajar enggak sih, kalau nonton infotainment bikin kita bahagia?

Tidak perlu khawatir. Ternyata sebagian besar dari kita memang mengalami rasa nikmat tertentu saat membaca dan/atau menonton gosip para selebriti. Nikmatnya seperti menang lotre, atau sedang melahap makanan yang lezat sekali.

Sejumlah peneliti di Shenzhen University di Tiongkok, melibatkan sejumlah relawan pelajar untuk melakukan penelitian mengenai hal ini. Mereka melakukan scanning terhadap otak para responden saat mereka diminta membaca gosip atau kabar tentang selebriti. Beberapa di antaranya artikel mengenai artis yang mengalami insiden kecelakaan atau cerita sedih yang menyentuh hati.  Hasilnya, cerita negatif justru memberi rasa nikmat berlebih pada otak.

Adam Perkins, neurobiologist dari King's College, London, tertarik dengan temuan yang termuat di dalam jurnal Social Neuroscience tersebut.

"Selebriti pada dasarnya dicemburui, dan ketika mereka jatuh atau mengalami hal yang tidak baik, justru membuat publik bahagia," ujarnya.

Adam menambahkan, studi ini menarik untuk ditindaklanjuti lebih jauh. Di antaranya mengenai, apakah kepribadian atau karakter seseorang terpengaruh setelah mereka membaca gosip seputar selebriti?

"Sebagai contoh, ini spekulasi, mereka yang sedang bersedih ternyata bisa jadi merasa lebih baik begitu mendengar ada selebriti yang mengalami kesulitan. Ini membuat mereka merasa bahwa orang terkenal dan sempurna pun bisa mengalami hal yang sama sialnya," paparnya.

Kesenangan nonton infotainment dan skandal mereka memiliki rentang sejarah yang panjang. Kita hidup di era modern yang membuat kita familiar dengan apa yang ada di sekitar kita, termasuk selebriti. Hal ini membuat kita seolah-olah sedang berkompetisi dengan mereka.

Nah, ketika mereka mengalami kegagalan dan kesialan, otak kita memberi efek nikmat tersendiri. Inilah yang membuat sesi nonton infotainment bikin kita bahagia. Seperti ketika kita menyaksikan kalahnya tim olahraga lawan yang sedang berkompetisi dengan tim olahraga kita. Seperti itu.

Rahman Indra/The Daily Mail