Hidroterapi Alami, Solusi Atasi Kaki Lelah

By nova.id, Rabu, 29 Oktober 2014 | 06:13 WIB
Hidroterapi Alami Solusi Atasi Kaki Lelah (nova.id)

TabloidNova.com - Tidak cuma otak saja yang bisa lelah, tubuh terutama bagian kaki pun bisa juga merasa lelah. Penyebabnya pun bisa beragam, mulai dari rutinitas yang didominasi posisi duduk atau berdiri terlalu lama, akibat pemakaian sepatu berhak tinggi, dan faktor-faktor lainnya.

Pergi ke foot spa tentu ampuh menghilangkan keletihan pada area kaki, namun perawatan di klinik atau salon kecantikan pasti memerlukan biaya dan waktu luang Anda.

Nah, bagaimana jika Anda merawatnya sendiri di rumah lewat metode hidroterapi alami? Hidroterapi adalah metode pengobatan menggunakan air untuk mengobati penyakit, atau meringankan kondisi yang terasa letih.

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa hidroterapi adalah terapi menggunakan air dengan cara hidrotermal, yakni pengubahan suhu air yang bertujuan untuk menyembuhkan. Hidroterapi bermanfaat mengurangi tingkat stres, memperbaiki pembengkakan sendi, melancarkan sirkulasi darah, serta sirkulasi getah bening.

Hidroterapi bisa mengurangi rasa sakit dengan merangsang produksi endorfin, yaitu zat kimia saraf yang memiliki sifat analgesik. Nah, saat kaki merasa nyeri, pegal atau kelelahan, coba lakukan metode hidroterapi alami sendiri di rumah Anda.

Mandi berendamMerendamkan tubuh sampai setinggi bahu dalam air bersuhu 32-35 derajat Celcius selama sekitar 20 menit memberikan rasa relaks sekaligus menghilangkan keletihan. Anda bisa menggunakan air biasa atau air yang sudah diberi minyak aromaterapi, ramuan herbal, atau garam.

Sitzbath Metode satu ini dikenal dengan istilah "mandi pinggul", di mana seseorang duduk di tempat mandi dan berendam dalam air hanya sampai ke pinggul. Sitzbath menggunakan air dingin dan bergantian dengan air panas. Selain ampuh menghilangkan kram kaki dan perut, metode ini baik untuk sistem reproduksi, nyeri usus, dan gangguan menstruasi serta wasir.

Pijat AirGunakan shower yang memberikan efek pijatan di sekujur bagian tubuh selama 20-30 menit dengan kucuran air shower dengan intensitas sedang. Sesudah pijat air, posisikan kaki yang sudah kering lebih tinggi untuk memperlancar proses sirkulasi darah, dan merelaksasikan saraf kaki.

Bungkus kaki dengan handuk basah Lakukan pembungkusan area kaki yang letih menggunakan handuk basah selama satu jam. Cara lain juga bisa ditempuh dengan merendam kaki sebatas pergelangan. Kombinasikan air dingin dengan air hangat secara bergantian. Metode lain, celupkan kaki selama 30 detik ke dalam air dingin yang dilanjutkan ke dalam air hangat selama 3 menit agar sirkulasi darah akan terpompa sekaligus mencegah varises.

Ridho Nugroho / dari berbagai sumber