Saluran Nafas Banyak Lendir

By nova.id, Selasa, 27 Desember 2011 | 21:54 WIB
Saluran Nafas Banyak Lendir (nova.id)

Saya ibu seorang anak berusia 7 bulan. Kelahiran anak saya melalui bedah sesar. Karena dibius total, saya tidak melihat bayi saya ketika diangkat. Nah, sejak bayi sampai sekarang anak saya suka pilek atau hidung tersumbat pada waktu malam hari, sehingga ia susah tidur dengan nyenyak. Ketika usianya 7 hari saya bawa ia ke klinik.

Kata dokter air ketubannya masih belum kering, karena sekarang tidak boleh disedot karena dikhawatirkan mengakibatkan penyakit paru-paru. Dokter hanya menyarankan agar anak saya dijemur pada pagi dan sore hari. Ketika anak saya berusia 6 bulan, saya membawanya ke klinik lagi. Dokter hanya mengatakan bahwa anak saya pilek (kebetulan cuaca waktu itu sering hujan).

Yang mengherankan saya, kenapa anak saya susah bernafas pada waktu malam hari saja. Sedangkan pada waktu siang harinya dia sehat dan lincah. Apakah sewaktu dulu ia diangkat itu ada yang tidak beres?

Evi S - Kalimantan

Byi ibu tampaknya mempunyai banyak lendir pada saluran pernafasannya sehingga membuatnya terganggu saat malam hari. Mengapa malam hari saja? Mungkin ia alergi atau sensitif terhadap udara dingin. Suhu yang dingin juga membuat lendir menjadi kental. Lendir yang kental menyumbat sebagian dari hidungnya sehingga membuatnya sukar tidur. Banyak orangtua yang mengira gejala pilek pada bayi adalah sebagai akibat dari saluran nafasnya kurang dibersihkan saat ia lahir dulu. Dalam kenyataannya hal ini tidak benar. Andaikatapun memang tidak bersih, tidak mungkin lendir saat itu bertahan hingga seusianya sekarang. Jika lendir yang menyumbat encer, dapat dicoba dengan mengisapnya dengan alat pengisap yang ada di pasaran. Jika kental perlu diberi cairan garam untuk mengencerkannya dulu sehingga mudah dikeluarkan.