Rentan Sakit Mengganggu Kehamilan

By nova.id, Minggu, 6 November 2011 | 23:31 WIB
Rentan Sakit Mengganggu Kehamilan (nova.id)

Saya (31) dengan BB 68 kg dan TB 165 cm, saat ini sedang hamil tiga bulan. Sejak kecil, saya sering sakit-sakitan, seperti flu, sakit kepala atau batuk. Pokoknya, kalau ada orang yang sakit, saya jadi ikut-ikutan sakit. Mungkin karena daya tahan tubuh yang lemah. Apakah kondisi tubuh yang sering sakit ini berpengaruh terhadap janin?

Terkadang untuk menghilangkan sakit tersebut saya mengonsumsi obat-obatan yang dibeli di apotek. Biasanya sakit pun langsung hilang. Masalahnya, saya beli obat itu tanpa resep dokter. Apakah kemungkinan berdampak pada bayi?

Bagaimana cara agar kondisi tubuh saya kuat, tak mudah sakit dan tak tergantung pada obat-obatan? Dengan kondisi tubuh yang lemah ini apakah masih harus berolahraga? Jenis olahraga apa yang tepat untuk saya, terutama saat hamil ini? Terima kasih sarannya.

Reni -­ Bekasi

Ibu Reni di Bekasi, kalau melihat kondisi gizi Ibu, Ibu termasuk mempunyai kondisi gizi yang memadai. Biasanya pada mereka yang mempunyai kondisi gizi yang baik, juga mempunyai kondisi kesehatan yang baik. Dari gejala-gejala yang Ibu keluhkan (flu, sakit kepala atau batuk) dan seringnya terjadi, ada kemungkinan karena Ibu mengalami reaksi alergi.

Untuk dapat mengetahui penyebab terjadinya reaksi alergi tersebut, kami sarankan supaya Ibu memeriksakan diri ke dokter setempat. Diharapkan dokter dapat memberikan pengobatan dengan tetap memperhatikan dampaknya terhadap janin dalam kandungan Ibu. Saya khawatir apabila Ibu tetap mengonsumsi obat-obatan bebas dari apotek karena biasanya mempunyai dampak yang kurang baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin.

Untuk meningkatkan kondisi selama hamil, Ibu dapat mengonsumsi ekstra sayur dan buah untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Tentu Ibu juga bisa mencoba berolahraga ringan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Apabila Ibu benar memiliki gejala reaksi alergi, berjalan kaki di pinggir pantai pada pagi hari akan dapat mengurangi gejala tersebut.