Dua Tahun Belum Jalan

By nova.id, Selasa, 18 Oktober 2011 | 22:18 WIB
Dua Tahun Belum Jalan (nova.id)

Saya ingin bertanya tentang masalah anak saya usia 2 tahun yang belum bisa jalan. BB-nya 12,5 kg, bicara sudah ada beberapa kata. Pada waktu bayi pernah disinar selama 4 hari. Saya sudah membawanya ke dokter sejak usia 1 tahun. Kata dokter tidak apa-apa kemudian diberi obat Nootropil. Ketika usia 1,5 tahun saya juga membawanya ke dokter anak yang lain. Katanya juga tidak ada masalah hanya faktor terlambat saja. Terakhir usia 2 tahun saya bawa kembali ke dokter yang sama. Lagi-lagi dia bilang juga tidak masalah karena badan dan kakinya bagus, hanya perlu minum obat anchepabol.  

Perkembangannya saat ini sudah dapat mendorong dan menarik kursi dengan lancar, berdiri dengan pegangan. Titah pun sudah lancar. Hanya belum bisa jalan, berdiri tanpa pegangan pun belum bisa. Saya juga sudah coba urut bayi supaya dia bisa segera jalan. Apa yang sebenarnya dialami anak saya? Saya mohon sekalijawabannya bagaimana cara melatih dan terapi apa yang harus dilakukan?

Kurniati - Bogor

Anak yang sampai usia 2 tahun belum bisa jalan sendiri, jelas tidak lazim. Biasanya anak bisa berjalan sendiri pada usia 1-1,5 tahun. Penyebabnya ada 2 hal yaitu dari anggota geraknya sendiri atau dari susunan saraf (otak). Jika dikatakan badan dan kakinya tidak ada kelainan berarti kelainan mungkin ada di susunan saraf pusat. Bagaimana perkembangannya selama ini? Usia berapa ia bisa tengkurap atau duduk? Jika terlambat juga mungkin ada sesuatu yang kurang normal dari susunan saraf pusatnya.

Saya tidak tahu berapa kadar bilirubinnya saat ia kuning sehingga perlu disinar, tetapi pasti tinggi. Kadar bilirubin yang terlalu tinggi (>20) yang tampak sebagai bayi kuning dapat menimbulkan gangguan pada fungsi otak karena bilirubin bersifat toksik untuk sel-sel otak. Untuk sementara Ibu dapat melatihnya berjalan dengan digandeng, tetapi sebaiknya Ibu menghubungi bagian saraf anak di RSCM Jakarta atau di RS Hasan Sadikin Bandung untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selanjutnya akan ditentukan langkah apa yang perlu diambil.