Susu Untuk Ibu 36 Tahun

By nova.id, Senin, 17 Oktober 2011 | 19:09 WIB
Susu Untuk Ibu 36 Tahun (nova.id)

Saya (36) pernah membaca di sebuah majalah wanita kalau wanita hamil di usia tinggi seperti saya sekarang ini disarankan untuk lebih banyak minum susu guna mencegah osteoporosis. Kalau biasanya cukup 3 gelas per hari, katanya di usia saya bila hamil harus 5 gelas. Benarkah demikian, Dok? Saat ini saya sedang hamil anak kedua. Saya sebenarnya rutin minum susu, umumnya pagi dan sore hari. Kalau sedang hamil saya tambah menjadi tiga gelas sehari. Tapi kalau harus minum 5 gelas susu, bagaimana ya pengaturan waktunya? Terima kasih atas penjelasannya.

Risa ­- Bandung

Bu Risa di Bandung, memang benar wanita hamil membutuhkan lebih banyak kalsium dibandingkan bila tidak hamil. Berapa pun usianya, bila kalsium tidak memenuhi kebutuhan, dikhawatirkan kalsium tersebut akan diambil dari cadangan di tulang. Ini tentu saja akan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis. Kebutuhan kalsium untuk wanita hamil usia 19 tahun atau lebih ternyata lebih sedikit dibanding mereka yang berusia 18 tahun atau lebih muda. Kebutuhan akan kalsium ini dapat dipenuhi dari bahan makanan seperti susu yang sudah rutin Ibu konsumsi tiga gelas per hari.

Apabila Ibu memang ingin minum susu sebanyak 5 kali sehari, pengaturannya bisa sebagai berikut: susu diminum saat makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan sore dan sebelum tidur malam. Namun selain susu tentunya Ibu dapat mengonsumsi produk susu lainnya, seperti keju, sup, puding, es krim, yogurt dan sebagainya.