Si Kecil Gagal Tumbuh

By nova.id, Jumat, 30 September 2011 | 22:18 WIB
Si Kecil Gagal Tumbuh (nova.id)

Anak saya saat lahir memiliki BB 3,8 kg dan PB 52 cm. Saat ini usianya 11 bulan dengan BB 8,5 kg dan PB 75 cm. Tidak ada kesulitan dalam pemberian makanan. Saya memberinya makanan pokok (nasi lembek dan lauk pauk) sebanyak 3x sehari, ditambah dengan 2x pemberian buah.

Sebagai tambahan, anak saya pernah menjalani tes mantoux di usia 6 bulan, tapi hasilnya negatif. Hal yang ingin saya tanyakan, masih normalkah tinggi dan berat badan anak saya? Bagaimana seharusnya porsi makanan yang diberikan? Perlukah suplemen penambah nafsu makan? Terima kasih banyak atas jawaban Dokter.

Resista Vikalina ­- Bogor

Panjang badan si kecil (lelaki atau perempuan?) tampaknya sesuai dengan PB ideal anak usia 11 bulan, jadi ia termasuk tinggi. BB ideal untuk PB tersebut adalah antara 8,8­10,8 kg, jadi dapat dikategorikan sebagai gizi kurang. Jika memperhitungkan BB lahir maka BB saat ini seharusnya sudah mencapai minimal 9,35 kg (3,8 + 4x0,6 + 7x0,45). Kesimpulannya, bayi Ibu mengalami gagal tumbuh dan gizi kurang.

Pola makan yang diterapkan saat ini sudah tepat untuk usia 11 bulan yaitu 3x makanan pokok dan 2x makanan selingan. Akan tetapi bayi masih memerlukan tambahan susu dalam bentuk ASI atau susu formula 3-4 kali sehari dengan jumlah total harian minimal 600 ml. Porsi makan seorang anak ditentukan oleh anak itu sendiri. Kewajiban orang tua hanyalah menyediakan makanan yang bergizi. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya Ibu berkonsultasi pada dokter spesialis anak yang mendalami masalah gizi untuk mencari penyebab gagal tumbuh serta gizi kurangnya.

Penambahan suplemen harus didasari alasan yang tepat, misalnya kekurangan zat besi yang dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium. Pemberian yang membabi buta berisiko kelebihan vitamin dan mineral