Ketika Anak Buah Kerap Minta Izin

By nova.id, Selasa, 18 Maret 2014 | 04:00 WIB
Ketika Anak Buah Kerap Minta Izin (nova.id)

Ketika Anak Buah Kerap Minta Izin (nova.id)

"Foto: agus Dwianto "

-     Alasan kewanitaan dan keluarga untuk ijin cuti memang merupakan hak karyawati. Diungkapkan Neneng Goenadi, Country Managing Director Accenture Indonesia, ijin seperti sakit menstruasi, sakit karena kehamilan maupun anak sakit sebenarnya masih boleh ditolerir. "Kalau urgent dan yang lain (karyawan lain) bisa handle tak masalah. Namun ijin harus realistis dan tak beruntutan tanpa alasan yang penting," ujarnya.

-     Tak ada indikasi memanfaatkan juga sebaiknya Anda jadikan alat pertimbangan memberi ijin cuti pada bawahan Anda. Kendati sebagai wanita yang memiliki banyak peran, bekerja sebaiknya tetap menjadi prioritas selama terikat perjanjian kontrak kerja dengan perusahaan. Dan, lihatlah dengan jernih apakah jangka waktu cuti yang diajukan masih cukup relevan dengan tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab bawahan Anda.

"Yang penting pekerjaan itu selesai, dan jangan lupakan jika wanita juga perlu semangat untuk bekerja lebih baik. Jangan di-abuse dan tetaplah jaga untuk saling pengertian dan tanggung jawab," ujarnya.

-     Jangan beri izin ketika bawahan Anda jelas-jelas terlihat berbohong . Jika bawahan kerap izin setiap Jumat dan Senin dan sudah berulang kali terjadi seolah memiliki pola tertentu, cobalah minta agar lebih terbuka. Lakukan pendekatan dari hati ke hati agar bawahan Anda tak takut untuk jujur dan bicara terbuka. Tawarkan untuk mencari solusi bersama masalah tersebut tanpa mengurangi produktivitas.