Peluang Pekerjaan untuk yang Hobi Kuliner

By nova.id, Jumat, 29 Agustus 2014 | 06:04 WIB
Peluang Pekerjaan untuk yang Hobi Kuliner (nova.id)

TabloidNova.com - Di sela waktu luang, tak mustahil bagi karyawan menjalankan pekerjaan sampingan. Selain menambah pemasukan dan aktualisasi diri, memiliki periuk kedua juga bisa memfasilitasi minat dan skill yang dimiliki, seperti menulis, memasak, fotografi, atau desain.

Namun perlu digarisbawahi, memanfaatkan peluang pekerjaan sampingan pun harus dengan batasan, ya. Namanya sampingan, tentu tidak boleh mengganggu pekerjaan utama. Terpenting, harus pandai membagi waktu agar bisa tetap fokus pada pekerjaan utama.

Bagi yang ingin menjajal peruntungan side job, berikut peluang pekerjaan jika Anda punya passion di bidang kuliner atau dalam hal meramu rasa lainnya.

Membuka Kursus Suka memasak dan ingin berbagi ilmu? Buat saja kursus kecil-kecilan atau secara online. Ikuti komunitas masak untuk menambah relasi.

Warung Makan Mulai dengan membuka warung makan kecil atau menerima pesanan dari tetangga. Ingat, promosi dari mulut ke mulut lebih efektif!

Food StylistTugasnya menata makanan dan melengkapi properti. Media massa atau perusahaan produk dan jasa kerap mencari food stylist, lo. Mereka lah yang membuat tampilan makanan di halaman resep menjadi tampak menggugah selera. Untuk itu Anda mesti memahami citarasa seni, sedangkan suka makan atau memasak menjadi bonusnya.

Food WriterAnda suka jalan-jalan dan menikmati berbagai kuliner baru? Pekerjaan sebagai penulis kuliner pasti cocok untuk Anda. Untuk menjadi penulis kuliner, kesukaan makan merupakan poin kesekian. Kemampuan mendeskripsikan makanan menjadi tulisan dan wawasan mengenai sejarah kuliner di suatu tempat itu yang paling utama. Ulasan mengenai tempat kuliner tertentu tak cukup digambarkan dengan "enak" dan "enak banget" kan?

Toko Kue Online Kelebihannya, Anda tak harus membuka toko. Usahakan kue memiliki keunikan, misalnya cookies, cupcake, atau pie dengan tema menarik. Buat laman online semenarik mungkin dan sertakan foto kue buatan Anda. Orang di sekeliling bisa menjadi pelanggan pertama.

Katering Memang skala usaha ini lebih besar, tapi jika punya kemampuan dan modal yang memadai, kenapa tidak? Peluang meraih keuntungannya pun semakin besar.

Menjual Resep Anda bisa mengirim atau menjual resep ke berbagai media massa. Honornya menggiurkan dan memacu Anda lebih kreatif!

Ratih Sukma Pertiwi/Dari Berbagai Sumber