CEO Bukalapak: Barang Elektronik dan Fashion Tetap Paling Laku!

By nova.id, Kamis, 5 Februari 2015 | 03:03 WIB
CEO Bukalapak Barang Elektronik dan Fashion Tetap Paling Laku (nova.id)

Tabloidnova.com - Pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, tahun 1986 dan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknologi Informatika, Achmad Zaky, sejak 2010 lalu telah berhasil mendirikan online marketplace (pasar online) bernama Bukalapak.com.

Seiring perjalan usahanya, Bukalapak yang telah memiliki lebih dari 150 ribu Pelapak (sebutan untuk para UKM yang menjual produknya di Bukalapak) yang bergabung di dalamnya, telah menjadi sebuah perusahaan e-commerce markertplace yang menduduki peringkat ke-22 website di Indonesia, berdasarkan web analisis Alexa.

Bahkan Zaky mengatakan, hingga saat ini jumlah transaksi yang terjadi di Bukalapak (omzet) per tahunnya sudah mencapai angka miliaran rupiah! Sungguh angka yang sangat fantastis untuk sebuah bisnis startup di Indonesia, menurut berbagai kalangan di dunia usaha.

Tak heran bila Bukalapak pun kini telah mendapat suntikan dana sebesar ratusan miliar dari Grup EMTEK melalui anak perusahaannya yakni KMK Online. Dengan kerja sama ini, kata Zaky, "Jika tujuannya adalah sama-sama menumbuhkan sektor UKM dan memberdayakan toko-toko lokal dalam menjual produk mereka secara nasional, tentu akan tercapai."

Sementara itu, Zaky juga mengatakan, "Kategori jualan yang masih jadi favorit di Bukalapak hingga saat ini adalah barang elektronik, disusul produk fashion. Saya kira, produk fashion akan terus menjadi barang jualan yang dicari orang dan saya pun berharap popularitasnya bisa menyamai barang elektronik di Bulakapak," papar Zaky optimis.

Dengan mendirikan Bukalapak, Zaky tentu memiliki mimpi besar. Ia bermimpi suatu saat nanti Indonesia akan menjadi negara maju dengan masyarakatnya yang menggunakan internet sebagai infrastruktur dasar dalam beraktivitas.

Dan kaitannya dengan dunia perdagangan, Zaky berharap, "Di masa mendatang setiap orang Indonesia bisa menggunakan Bukalapak, sejak seseorang itu lahir hingga usia tuanya," ujarnya sambail tertawa.

Maksudnya, kata Zaky, "Dari mulai orang itu beli popok sampai beli kursi roda, ya, di Bukalapak." Selain itu, lanjutnya, Zaky juga memiliki keinginan masyarakat Indonesia bisa mendapatkan keuntungan ekonomi yang lebih memadai dengan beraktivitas melalui perdagangan online di Bukalapak.

Intan Y. Septiani/Tabloidnova.com

Foto: Intan Y. Septiani/NOVA