Tips Berjualan Sepatu di Situs Online

By nova.id, Jumat, 10 Oktober 2014 | 08:22 WIB
Tips Berjualan Sepatu di Situs Online (nova.id)

TabloidNova.com - Industri e-commerce yang sangat kompetitif membuat banyak pengusaha maupun pemilik label lebih memilih menjual sepatu secara online. Selain masih terbilang baru beberapa tahun belakangan, bisnis via online menjadi tantangan sendiri bagi para label sepatu.

Penting bagi Anda yang baru saja atau mau memulai bisnis sepatu di online shop untuk memahami bagaimana menjual sepatu sebanyak mungkin kepada pelanggan dengan cara yang positif dan kreatif.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah katalog tampilan dengan yang berisi daftar item lengkap dalam kemasan mudah dibaca dan dilihat hingga bisa menangkap perhatian pembeli. Pisahkan kategori utama dalam pencarian, seperti sepatu wanita, pria dan anak-anak yang dilanjutkan sub kanal yang lebih detail.

Hal kedua, pemburu sepatu di online biasanya adalah konsumen yang berkaitan dengan sejumlah alasan, seperti wanita karir yang sangat sibuk, ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang, konsumen yang menginginkan kualitas cukup lumayan dengan harga cukup terjangkau, konsumen yang gemar mendesain sepatu sesuai keinginannya, konsumen dengan ukuran kaki unik (misalnya terlalu kecil atau terlalu besar dan lain sebagainya). Sejumlah alasan diatas menuntut Anda untuk segera menentukan ukuran produk sepatu yang Anda jual.

Hal ketiga, kategori warna saat ini menjadi salah satu penarik sebuah situs jualan online sepatu disukai banyak konsumen. Walau kebutuhan sepatu warna hitam dan cokelat masih berada di urutan teratas, namun bagi para penggemar mode, warna sepatu bervariasi adalah keharusan.

Hal keempat, pahami model jenis sepatu yang Anda jual. Rancanglah tampilan situs Anda sebagai katalog berjalan yang memberi akses kemudahan pencarian. Klasifikasikan model sepatu wanita seperti sepatu bertumit tinggi, wedges, pumps shoes, clogs, sandal, sepatu bot, sepatu hak datar lainnya.

Hal kelima, jika Anda bermain di target pasar menengah ke atas, sebaiknya perhatikan baik-baik kualitasnya. Berikan kondisi yang pantas untuk sebuah sepatu yang konsumen beli. Meraih kepercayaan pembeli online lebih sulit dibanding pembeli pada umumnya. Saat Anda mencantumkan label '100 persen kulit asli' maka pastikan secara benar-benar kualitas kulit dari sepatu tersebut.

Hal keenam, tampilan desain situs amat berpengaruh. Hindari tampilan situs yang terlalu rumit dan penuh sehingga membuat pelanggan harus membuang waktu saat berselancar di situs Anda. Pada bagian halaman depan, pasang foto ilustrasi dengan dua jenis, yakni fokus pada produk sepatu lalu ilustrasi padu padan busana sesuai sepatu.

Usahakan bisnis online tersebut berhubungan langsung dengan sejumlah akun sosial media lainnya milik Anda, lalu buat promosi digital lewat kupon, potongan harga, kuis, dan lainnya.

Ridho Nugroho / Sumber: Totally Her