Lakukan Diet Makeup 5:2 Sebagai Cara Alamiah Jaga Kesehatan Kulit Wajah

By nova.id, Kamis, 2 April 2015 | 09:46 WIB
Lakukan Diet Makeup 5 2 Sebagai Cara Alamiah Jaga Kesehatan Kulit Wajah (nova.id)

TabloidNova.com - Kini, baru saja dilansir metode diet teranyar untuk kecantikan. Namun, diet ini tak ada hubungannya dengan makanan yang Anda konsumsi. Diet ini disebut diet makeup 5:2 alias Skin Diet Makeup Free. Program diet makeup 5:2 ini adalah cara alamiah menjaga kesehatan kulit wajah dan mengembalikan kecantikan natural yang Anda miliki.

Seperti namanya, diet makeup ini mengombinasikan proporsi waktu yang pas selama seminggu, yaitu dengan tidak mengenakan produk makeup apapun selama dua hari penuh, setelah lima hari sebelumnya kita ber-makeup. Cara ini diklaim mampu membersihkan serta mendetoksifikasi kulit agar kembali segar dan sehat. Seperti yang dikatakan oleh Doktor Kosmetik berbasis di London, Dr. Tijion Esho, kepada Daily Mail beberapa waktu lalu.

"Prosedur 5:2 Skin Diet Makeup Free alias diet kulit dengan tak mengenakan makeup sama sekali ini, bagus untuk mengembalikan kesegaran dan kesehatan sel kulit. Cara ini sekaligus akan membuat wajah nampak lebih awet muda berkilau dan memperbaiki kerutan akibat kebanyakan penggunaan kosmetik," jelasnya.

Senada dengan Dr. Tijion, Dr. Sejal Shah, ahli kulit asal kota New York juga mengatakan bahwa ia sangat setuju dengan prinsip untuk membiarkan kulit kita beristirahat. Nah, salah satu caranya ya dengan membiarkan wajah terbebas dari produk kosmetik.

Ketika ditanya soal apakah sama antara diet makeup 5:2 dengan mencuci wajah secara rutin, perempuan yang juga paham mengenai dunia estetika wajah ini mengaku tidak setuju. Pasalnya, tidak semua orang mencuci wajah secara benar dan tepat, apalagi terkait menghapus atau membersihkan produk kosmetik yang tersisa di wajah. 

"Bila Anda tidak mencuci wajah dengan benar, maka sisa makeup akan menyerap masuk ke dalam kulit dan berkembang sehingga memicu pelebaran pori-pori serta terjadinya inflamasi. Tapi, perlu diketahui bahwa untuk mengembalikan kesehatan sel kulit juga tidak bisa hanya dua hari saja, namun butuh waktu seminggu penuh," ujarnya.

Walaupun istilah diet makeup 5:2 terkesan Anda harus terbebas dari segala macam produk kimiawi, nyatanya anggapan tersebut tidak benar adanya. Dr. Shah lagi-lagi menyarankan Anda untuk memastikan apakah kulit Anda sudah dibersihkan dengan baik dan benar setiap pagi dan malam hari.

Masalah ini sesungguhnya lebih terfokus pada ritual kecantikan malam yang di dalamnya juga termasuk tahap pembersihan wajah.

"Makeup free tidak berarti Anda pun go skincare product free, tetap gunakan pelembap dan tabir surya setiap beraktivitas di luar rumah untuk menghidrasi kulit dan menghindari paparan sinar matahari," sarannya.

Dr. Karen Hammerman, Dermatologis asal kota New York juga merekomendasikan Anda tetap menjaga kesehatan kulit. Semuanya bisa dimulai dengan menggunakan toner pembersih untuk mencegah pelebaran pori-pori, lalu pemberian serum wajah dan mata untuk mengurangi kantung mata, serta produk tambahan lainnya seperti minyak esensial dan BB Krim.

Ridho NugrohoSumber: Shine / Daily MailFOTO: Daily Mail