Agar Berat Badan Turun, Kudap Makanan Ini Sebelum Tidur

By nova.id, Kamis, 20 November 2014 | 16:34 WIB
Agar Berat Badan Turun Kudap Makanan Ini Sebelum Tidur (nova.id)

TabloidNova.com - "Jangan pernah tidur dengan perut kosong", demikian anggapan banyak orang perihal kebiasaan makan malam hari. Padahal, hal itu justru memicu kegemukan. Lho, mengapa? Bukankah lebih baik tidak makan sebelum tidur agar perut tidak begah?

Ya, kebanyakan orang menyantap makan malam pada pukul 19.00-20.00. Orang yang sedang menerapkan diet, bahkan terkadang memilih melewatkan makan malam, dan pergi tidur sambil menahan lapar demi memiliki tubuh yang kurus. Padahal, otak dan perut memikirkan soal makanan yang ada di dapur.

Lalu, manakah yang lebih baik? Tidur setelah mengunyah makanan yang tidak terlalu berat, atau tidur dengan perut yang kosong?

Ahli nutrisi, Stephanie Clarke, R.D, dan Willod Jarosh, R.D, dari C&J Nutrition mengatakan, tidak ada salah atau benar untuk menjawab pertanyaan seputar masalah tersebut. Alasan utamanya tergantung pada kebiasaan masing-masing dan tujuan sehatnya.

"Makan larut malam sebenarnya tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan, asalkan asupan kalori yang Anda makan tidak melebihi asupan kalori yang dibutuhkan setiap hari, sehingga tidak berdampak pada angka berat badan. Jadi tidak perlu menghindari makan hanya untuk menurunkan berat badan," saran mereka.

Pendapat diatas tidak serta merta menjadi lampu hijau bagi Anda untuk makan sebatang cokelat atau sepotong donat menjelang tidur, lho! Makan terlalu banyak hanya akan menyebabkan rasa tidak nyaman, atau sakit pada sistem pencernaan sehingga membuat Anda sulit tidur dan merasa kekenyangan sepanjang malam. Akibatnya, Anda jadi melewatkan santap sarapan, yang berdampak merusak proses metabolisme tubuh.

Namun, Anda juga tidak disarankan membiarkan perut terasa nyeri akibat kelaparan, sehingga membuat Anda sulit untuk tertidur. Menerapkan kebiasaan ini bisa merusak kesehatan dan bisa membuat Anda justru melahap makanan atau kalori secara berlebihan.  

Semua pilihan ada di tangan Anda. Jika memang rasa lapar kerap menghampiri satu atau dua jam setelah makan malam, solusinya adalah mengonsumsi makanan dalam jumlah kalori dan porsi sedikit saja yang cukup mengenyangkan.

Agar berat badan turun, kudap makanan ini sebelum tidur. Pastikan makanan yang dipilih memiliki gizi seimbang dan mengandung protein, karbohidrat berserat tinggi, sedikit lemak sehat, dan banyak sayuran yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Cara terbaik lainnya adalah patuhi aturan makan yang benar. Ngemil sebelum tidur sebaiknya dibatasi tak lebih dari 150 kalori, dengan camilan menyehatkan dan mengenyangkan. Seperti apa contohnya? Anda bisa mengudap strawberry yang dicelup cokelat cair, smoothie pisang, buah kering, es krim buah, edamame, segenggam kacang, dan lain sebagainya.

Ridho Nugroho / Women's Health