Belum Tahu Tentang Meditasi? Baca Artikel Ini

By nova.id, Jumat, 18 Juli 2014 | 10:07 WIB
Belum Tahu Tentang Meditasi Baca Artikel Ini (nova.id)

Belum Tahu Tentang Meditasi Baca Artikel Ini (nova.id)

"Meditasi (foto: drwayneanderson) "

TabloidNova.com - Meditasi dikenal sebagai metode untuk merelaksasikan diri dan memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa orang menganggap meditasi sebagai obat karena dapat meningkatkan kesehatan yang melakukannya.

Selain itu, meditasi terbukti bisa meningkatkan konsentrasi dan kesadaran diri, mengurangi stres, menciptakan ketenangan, kontrol diri, dan meningkatkan kesejahteraan tubuh.

Ada banyak sekali metode meditasi yang dapat anda lakukan. Di antaranya adalah:

Guided Meditation. Model meditasi ini membutuhkan panduan instruktur. Anda akan diminta untuk fokus merelaksasikan bagian tubuh Anda, seperti jari kaki, atau fokus pada objek tertentu.

Pemula: jika anda belum pernah bermeditasi sebelumnya, model meditasi ini baik untuk Anda. Biasanya pula, pemeditasi pemula akan mudah terganggu oleh rangsangan dari luar, misalnya kebisingan, kedipan cahaya, atau pikiran macam-macam. Untuk itu, biasanya instruktur akan berbicara selama relaksasi.

Mindfulness Meditation. Model meditasi ini mengajarkan Anda untuk memusatkan perhatian pada helaan nafas. Mindfulness meditation juga mengajari Anda bagaimana cara fokus pada apa yang anda rasakan, tanpa adanya reaksi ataupun pendapat berlebihan.

Konsistensi adalah kunci: semakin banyak pengalaman dan latihan, semakin mudah Anda melakukan meditasi. Keuntungan yang anda terima dari meditasi jenis ini dapat dengan mudah anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Alhasil Anda dapat menyeimbangkan emosi anda.

Transcendental Meditation (TM). Teknik meditasi ini mengajarkan anda mengulang sebuah kata, suara, atau ucapan (layaknya sebuah mantra). Oleh karena itu, TM juga disebut sebagai "meditasi mantra". Pokok dari jenis meditasi ini adalah menjernihkan pikiran Anda dari gangguan-gangguan. Model meditasi ini hampir sama dengan guided meditation, namun dalam hal ini fokus diletakkan pada mantra.

Mengulang dan mengulang: berlatih TM mengajarkan Anda untuk menyingkirkan segala sesuatu yang menjauhkan Anda dari tujuan. Jika Anda merasa terganggu, Anda harus terus mencoba fokus atau untuk tidak mengantuk. Di sisi lain, tujuan dari TM adalah agar lebih relaks dan meningkatkan kesadaran.

Nah, sudah siap untuk meditasi?

Wikkianto/Youngwomenshealth.org