Bayi Mendengkur, Normalkah?

By nova.id, Senin, 13 Juni 2011 | 17:03 WIB
Bayi Mendengkur Normalkah (nova.id)

Saya seorang bapak yang baru mendapatkan seorang bayi perempuan, lahir normal dan saat ini berumur 14 hari. Waktu lahir BB 3,9 kg dengan PB 50 cm. Dalam perkembangannya setelah kelahiran saya menemukan kelainan. Yakni saat akan tidur bayi saya ini napasnya seperti mendengkur, namun setelah tertidur dengkuran tersebut tidak terdengar lagi.

Pada saat menyusui (ASI) suara dengkuran itu juga tidak terdengar. Bayi saya ini juga mendapat susu formula karena ASI istri saya tidak mencukupi. Saat diberikan susu formula suara dengkuran itu terdengar dan dia sepertinya kelelahan. Sesaat setelah menyusu, ia juga sering cegukan, bahkan pernah satu kali dia muntah.

Yang ingin saya tanyakan, apakah anak saya mengalami kelainan atau menderita suatu penyakit? Terima kasih.

Sigit  - Palembang

Amat sulit buat saya memberi vonis bayi Bapak menderita kelainan atau tidak tanpa memeriksanya. Secara umum dapat dikatakan cegukan adalah normal dijumpai pada bayi. Suara napas seperti krek-krek, sepanjang tidak terlalu mengganggu juga dapat dijumpai pada bayi dan akan menghilang sendiri setelah usia 3-5 bulan. Sebaiknya ia diperiksakan ke dokter anak untuk memastikan ada kelainan atau tidak.