Pria yang Ikut Mengurus Rumah Kehidupan Seksualnya Lebih Baik!

By nova.id, Rabu, 18 Februari 2015 | 06:19 WIB
Pria yang Ikut Mengurus Rumah Kehidupan Seksualnya Lebih Baik (nova.id)

Pria yang Ikut Mengurus Rumah Kehidupan Seksualnya Lebih Baik (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Tabloidnova.com - Tipe suami yang rajin mengerjakan tugas rumah tangga mungkin masih asing terdengar. Tak dapat dipungkiri, rata-rata pria memang tak biasa mengurusi urusan domestik. Padahal, tahukah Anda bahwa pria yang ikut mengurus rumah kehidupan seksnya lebih baik?

Sementara itu, sebagian pria terang-terangan keberatan jika harus ikut ambil bagian. Tampaknya, anggapan bahwa pekerjaan domestik adalah "urusan perempuan" masih mengakar di sebagian besar keluarga.

Meski demikian, bukan lantas Sang Istri harus mengerjakan semua tugas rumah tangga sendiri. Perempuan bisa, kok, berperan laiknya manajer yang mengatur dan membagi pekerjaan di rumah. Jangan buru-buru takut Si Dia menolak membantu Anda, siapa tahu selama ini ternyata bukan Si Dia yang tak pernah mau membantu, melainkan Anda yang tak kunjung memberi kesempatan atau kepercayaan.

Toh, tak ada salahnya, kok, bila pria ikut mengurus rumah beserta isinya. Memang, ada beberapa tipe suami terkait dengan keikutsertaannya di bidang domestik. Yakni, suami yang mau membantu mengerjakan tugas rumah tangga, mau membantu tapi butuh instruksi, mau membantu untuk beberapa jenis pekerjaan tertentu, mau membantu namun perlu sedikit paksaan, dan tak dapat dipungkiri, memang ada pula tipe suami yang sama sekali tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Sebelum menyimpulkan termasuk pada tipe mana Si Dia, lebih baik bicarakan dulu. Toh, tak ada salahnya mencoba. Apalagi, sebuah fakta menarik hasil penelitian yang dilakukan pakar pernikahan John Gottman dari University of Washington menyebutkan, pria yang ikut mengurus rumah kehidupan seksnya lebih baik.

Mengapa bisa demikian? Gottman menjelaskan, pria yang ikut membantu mengurus urusan rumah akan membuat pasangannya merasa diperhatikan dan dicintai. Lebih lanjut, perasaan ini membuat tingkat stres perempuan pun berkurang, bahkan pada perempuan yang melakukan peran ganda, sebagai ibu dan wanita karier.

Bahkan tanpa wanita sadari, "Pria yang membantu urusan rumah membuat pasangan menjadi lebih tertarik secara seksual," ungkap Gottman.

Sementara itu, data dari The Child Development Supplement of the Panel Study of Income Dynamics, menunjukkan bahwa pria zaman sekarang memang cenderung melakukan pekerjaan domestik lebih banyak, ketimbang pria di generasi sebelumnya. Meski memang, pekerjaan rumah yang mereka lakukan belum sebanyak yang dilakukan perempuan.

Artinya, penelitian itu adalah salah satu tanda bahwa Anda sah-sah saja, kok, meminta bantuan suami dalam kerjakan urusan rumah. Asal, perhatikan cara penyampaian, jangan banyak kritik atau protes pada caranya melakukan pekerjaan rumah, dan berikan Si Dia pujian. Ingat-ingat saja, pria yang ikut mengurus rumah kehidupan seksnya lebih baik!

Hasto Prianggoro