5 Tips Memerangi Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

By nova.id, Selasa, 23 Juli 2013 | 07:47 WIB
5 Tips Memerangi Pelecehan Seksual di Tempat Kerja (nova.id)

5 Tips Memerangi Pelecehan Seksual di Tempat Kerja (nova.id)

"Foto: Tabloidnova.com "

Berikut cara terbaik untuk melawan pelecehan seksual di tempat kerja:

Menjaga Citra Profesional

Selalulah berusaha menjaga citra profesional dan tuntutlah rasa hormat dari sesama rekan kerja. Caranya ialah dengan mengenakan pakaian yang sopan dan bertindak normal. Jika Anda mengenakan rok pendek yang menunjukkan kaki jenjang Anda, jangan salahkan para pria jika mereka mengerlingkan matanya atau mengucapkan komentar vulgar. Sikap Andalah yang mendorong mereka melakukan hal itu.

Percaya Diri

Pengganggu dan peleceh mendapatkan kesenangan yang aneh dengan menyakiti orang lain. Senjata terbesar untuk menghadapi mereka ialah kekuatan Anda. Wajar jika Anda merasa tertekan, tapi jangan menangis atau menyerah pada ancaman mereka. Mereka akan semakin senang jika melihat kerentanan Anda.

Tetap Rendah Hati

Ketika Anda menyadari bahwa Anda menjadi korban oleh seseorang, tetaplah rendah hati dan diam. Bijaklah dengan menceritakan masalah Anda kepada orang-orang yang tepat, bukan kepada orang-orang yang membuat masalah Anda semakin besar.

Buat Catatan

Catatlah secara detail setiap bentuk pelecehan yang Anda alami. Jika saja di masa depan Anda harus membawa masalah ini ke manajer atau bahkan ke pengadilan, Anda memiliki bukti-bukti yang kuat.

Membangun Tim

Ketika upaya individu gagal, ajaklah beberapa rekan terpercaya untuk mendukung Anda, terutama rekan-rekan yang mengalami hal yang sama atau menjadi saksi dari pelecehan yang Anda alami.

Ester