Pencegahan Luka Tindik

By nova.id, Selasa, 25 Juni 2013 | 09:24 WIB
Pencegahan Luka Tindik (nova.id)

Pencegahan Luka Tindik (nova.id)

"Ilustrasi "

Pikirkan pedoman dan informasi berikut ini sebelum Anda membuat keputusan untuk "menusuk" tubuh Anda.

Melakukan suntikan tetanus sebelum menindik tubuh.\

Pilih orang yang berpengalaman untuk melakukan body piercing. Minta orang tersebut menjelaskan bagaimana ia membersihkan peralatan dan apa standar keselamatan yang diikutinya. Ia juga harus mencuci tangannya, mengenakan sarung tangan steril dan peralatan steril, serta memiliki rekomendasi perhiasan yang sesuai.

Periksa studionya apakah terlihat bersih.

Untuk mencegah masalah dengan alergi logam, gunakan perhiasan yang tepat. Yakni perhiasan baja bedah (300-grade), 14 atau 18 karat emas, niobium, titanium, atau produk akrilik yang disetujui. Hindari perhiasan yang terbuat dari logam lain, terutama nikel. Ada beberapa orang yang alergi terhadap nikel.

Jangan biarkan seseorang melakukan tindik tubuh dengan menggunakan alat "pistol" tindik. Alat ini dapat menyebabkan cedera serius ke jaringan tubuh lainnya. Pegangan "pistol" pun sepenuhnya steril.

Pertimbangkan risiko sosial atau emosional dengan tindikan yang Anda miliki. Banyak orang membuat penilaian negatif tentang orang-orang dengan tindikan tubuh.

Untuk melindungi orang lain dari penyakit, beritahu orang yang melakukan tindik (body piercing artist) jika Anda memang memiliki penyakit hepatitis B, hepatitis C, atau HIV. Pastikan setiap perhiasan yang Anda gunakan disterilkan sebelum digunakan dan digunakan bergantian dengan orang lain.

Cari tahu dari orang-orang atau internet atau klinik kesehatan mengenai kredibilitas studio body piercing yang Anda pilih.

Jika Anda sudah mempertimbangkan dan melakukan hal-hal di atas, sepertinya cukup aman bagi Anda melakukan tindik saat ini.

Ester