1. Asah SkillKeahlian khusus yang tak dimiliki karyawan lain di kantor, akan menambah kekuatan karier Anda.Jajaki minat dan potensi Anda, adakah keahlian yang belum dikuasai rekan kerja lain? Kemudian, asah dan pertajam skill tersebut sehingga Anda layak terus dipertahankan.
2. Buat JejaringKoneksi yang luas dan kuat pun bisa menambah posisi tawar Anda terhadap tempat kerja. Karyawan dengan koneksi yang luas dan memiliki hubungan erat dengan koleganya, dapat membantu perusahaan menuju kesuksesan.
3. Mentor dan SponsorAgar menjadi yang terbaik di bidang Anda, tak perlu takut atau malu untuk bertanya. Neneng menyarankan, memiliki mentor dan sponsor di lingkungan kerja penting untuk membimbing dan membukakan kesempatan yang mendukung keberhasilan Anda.
4. AdaptifDi setiap lingkungan kerja, kemampuan adaptasi menjadi faktor penting menuju sukses. Bukan sekadar beradaptasi di tempat kerja baru, tapi juga menyesuaikan diri ketika terjadi perubahan di perusahaan. Contohnya, rotasi di struktur organisasi perusahaan, pergantian tampuk kepemimpinan, atau merger bersama perusahaan lain.
5. DukunganSebagai pemilik peran ganda, dukungan keluarga inti, keluarga besar, bahkan pengurus rumah tangga pun sangat dibutuhkan. Tanpa keluarga yang solid, Anda akan lebih sulit membagi waktu dan fokus perhatian di tengah jam kerja.
6. Teknologi InformasiZaman yang bergerak cepat dan serba canggih menuntut setiap orang menguasai teknologi dengan mumpuni. Caranya, kuasai literasi teknologi, program komputer, media sosial, dan perluas komunikasi sehingga mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.
7. DisiplinCobalah tetap produktif dan berdedikasi kendati Anda memiliki banyak kewajiban di luar kantor. Neneng menambahkan, disiplin merupakan kunci meraih produktivitas tinggi dan mendapatkan kepercayaan perusahaan. "Mulai dari hal kecil saja. Misal, jangan menunda pekerjaan karena tak ada yang melihat," pungkasnya.
Laili Damayanti