"Nutrisi Bagi Tanaman" (2)

By nova.id, Selasa, 15 Maret 2011 | 17:01 WIB
Nutrisi Bagi Tanaman 2 (nova.id)

Perlu Media Tanam

Selain "nutrisi" yang sudah disebut di atas, tanaman juga butuh media tanam supaya bisa tumbuh subur dan sehat. Pemilihan media tanam yang tidak tepat bisa menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan baik. Beberapa jenis media tanam, misalnya pakis, arang, kompos, cocopeat, sekam, dan sebagainya.

Pakis bersifat ringan, porous, dan mampu menahan air, sehingga mudah ditembus akar tanaman. Sifatnya yang porous ini memberikan susunan udara (aerasi) yang baik. Pakis juga memiliki unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Sementara, media tanam arang kurang mampu mengikat air dalam jumlah banyak, sehingga cocok digunakan sebagai media tanam untuk tanaman di daerah dengan lembapan tinggi.

Media tanam lain adalah kompos dan cocopeat. Kompos bisa dimanfaatkan  untuk memperbaiki sifat-sifat tanah. Kompos mengandung unsur hara mineral yang bermanfat bagi tanaman dan  mampu mengembalikan kesuburan tanah. Sementara cocopeat mudah menyerap dan menyimpan air. Cocopeat juga memiliki pori-pori, yang memudahkan pertukaran udara, serta masuknya sinar matahari. Media tanam satu ini mengandung sejenis enzim dari jamur, sehingga dapat mengurangi penyakit dalam tanah dan menjaga tanah tetap gembur dan subur.

Kenali Jenis Pupuk

Jenis pupuk untuk tanaman hias sangat beragam. Salah satunya dibedakan dari asalnya, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik (kimia). Pupuk kimia memiliki kandungan hara yang tinggi dan terukur. Sementara pupuk organik memiliki kadar hara rendah dengan variasi yang beragam, namun mempunyai sifat memperbaiki tanah.

Pupuk Kimia:Pupuk kimia tunggal (Urea, SP36, KCl)Pupuk kimia majemuk (NPK)Pupuk kimia majemuk lengkap

Pupuk Organik:Pupuk kandangKomposPupuk cair organik

Hasto Prianggoro