Memelihara Tenun

By nova.id, Senin, 1 Juli 2013 | 03:32 WIB
Memelihara Tenun (nova.id)

Memelihara Tenun (nova.id)

"Foto: Okki "

Untuk membersihkan bahan tenun, jangan sekali-kali menggunakn mesin pencuci, karena dapat merusak keindahan dan kealamian tenun itu sendiri. Mesin cuci hanya digunkan untuk mencuci pakaian sehari-hari yang perawatannya lebih mudah ketimbang bahan tenun yang memiliki serat yang berbeda dengan serat kain katun dan linen.

"Bisa dicuci tangan atau cuci kering. Kalau baju berbahan tenun jangan dimasukkan ke mesin cuci, takut menciut. Khusus untuk tenun dan songket sangat tak disarankan," kata Dhanny saat dijumpai di acara Jakarta Islamic Fashion Week 2013 di Cendrawasih Hall, JCC, Jakarta, Minggu (30/6).

Tak dipungkiri kalau pemeliharan pakaian berjenis kain tenun terbilang mahal. Makanya, tak terlalu disarankan jika pemakaian baju berbahan tenun digunakan untuk aktifitas sehari-hari. "Dibilang kok pemeliharaan mahal ya? Ya memang iya.Kita dalam hidup juga ada pilihan. Beli kapas dan tivi akan berbeda harganya, kalau songket sebisa mungkin dipakai untuk acara resmi atau setengah resmi. Jadi pemeliharaannya pun enggak setiap hari," kata Dhanny.

Okki/Tabloidnova.com