Sudah Tahu, Formula Tepat Pelembap untuk Kulit Gelap?

By nova.id, Rabu, 4 Februari 2015 | 09:43 WIB
Sudah Tahu Formula Tepat Pelembap Untuk Kulit Gelap (nova.id)

Tabloidnova.com - Musim hujan diklaim masih akan terus bergulir sampai pertengahan bulan Maret mendatang. Selain masalah kemacetan dan banjir, kulit pun rentan mengalami kekeringan akibat cuaca dingin dan angin besar yang melanda tubuh Anda secara keseluruhan.

Baju hangat ekstra tebal saja tak cukup untuk menutrisi kulit, karena Anda juga butuh formula lainnya agar kulit tetap terlindungi. Pelembap dan serum kulit tentu saja menjadi jawabannya. Namun produk kecantikan ini seringkali menyebabkan sebagian perempuan kebingungan, terutama bagi mereka yang memiliki warna kulit gelap.

Formula tepat pelembap untuk kulit gelap sangat diperlukan agar tidak mengesankan kulit terlalu putih atau nampak seperti topeng.

Pada dasarnya, esensi pelembap diperuntukkan bagi semua jenis kulit, baik normal, kering, berminyak, maupun kombinasi. Tapi, khusus untuk warna kulit gelap yang cenderung berjenis kering dan kombinasi, disarankan mengetahui kandungan formula yang tepat agar bisa menutrisi sekaligus melembapkan kulit dalam jangka waktu lama dan menyerap sempurna.

Berikut daftar kandungan pada pelembap yang tepat untuk kulit gelap.

Cocoa butter Formula satu ini konon disukai banyak perempuan berkulit gelap karena rata-rata pilihan warnanya mendekati warna asli mereka. Alasan lainnya, cocoa butter kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang mampu melembutkan, menghaluskan, dan memperbaiki tekstur permukaan kulit.

Collodial oatmeal Kandungan collodial oatmeal memberi tekstur kulit lebih segar, lembut, dan lembap. Selain itu pelembap ini amat baik bila penggunaannya dikombinasikan dengan produk spa kulit yang mengandung madu dan susu utnuk merelaksasi kulit dan membuang sel kulit mati.

Nut oilKaya akan protein yang bisa menghidrasi kulit secara intens, pelembap mengandung nut oil direkomendasikan bagi pemilik kulit gelap yang cenderung rentan mengalami kekeringan pecah-pecah. Selain itu, nut oil juga kaya akan vitamin E yang cocok diaplikasikan pada tubuh saat musim dingin atau hujan.

Lidah buaya dan alpukatCara melembapkan kulit berwarna gelap bisa juga lewat aplikasi pelembap yang mengandung lidah buaya serta alpukat. Kini sudah banyak produk pelembap yang mengombinasikan aroma bunga yang kuat untuk menghangatkan tubuh dari suhu ruangan atau lingkungan yang dingin. Sebagai bahan alami tradisional, pelembap ini ternyata mampu menghidrasi kulit lebih tinggi ketimbang pelembap ekstrak lemon dan lainnya.

Ridho Nugroho

Sumber : Stylelist / Cosmopolitan UK / Fashionisers