Siasati Kulit Sensitif

By nova.id, Kamis, 13 September 2012 | 23:45 WIB
Siasati Kulit Sensitif (nova.id)

Siasati Kulit Sensitif (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto/NOVA "

Cara untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih cerah, kenyal, mulus dan bebas kusam, kering serta bebas jerawat adalah dengan melakukan berbagai rutinitas perawatan wajah secara rutin. Salah satu kegiatan paling populer yang dilakukan perempuan di salon adalah facial. Perawatan ini diyakini akan membuat kulit menjadi bersih, bebas dari lemak-lemak dan komedo sehingga wajah tetap terlihat segar. Namun sebaliknya, banyak perempuan lain yang enggan melakukannya, karena rasa sakit yang ditimbulkan selama proses facial. Belum lagi muka menjadi bengkak-bengkak sesudahnya, bila kulit tergolong sensitif.

Sebenarnya bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif dianjurkan untuk memakai bahan-bahan alami saat melakukan facial. Bahan alami saat ini juga bisa didapat melalui produk yang sudah diolah dengan teknologi. Bagi pemilik wajah sensitif, ikuti tahapan facial ini:

1. Pembersihan kulit wajah secara menyeluruh dengan gerakkan memutar secara perlahan-lahan. Tahap pembersihan wajah dari make up dan kotoran yang menempel terlebih dahulu, bersihkan seputar mata, bibir, dan wajah.

2. Scrub atau Peeling. Tahap selanjutnya wajah di-scrub dengan butiran yang halus. Setelah itu, lakukan peeling untuk mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori.

3. Pengangkatan Komedo. Tahap ini biasanya disertai rasa sakit. Karena facialist akan memencet wajah untuk mengeluarkan jerawat dan komedo Anda.

4. Pijat ringan. Pemijatan selama facial bermanfaat untuk membantu memperlancar aliran kelenjar getah bening dan merelaksasikan otot-otot wajah yang dapat memperlambat munculnya kerutan-kerutan pada wajah.

5. Tahap terakhir adalah memberikan krim pelembap untuk mengembalikan kekenyalan kulit.

Tips Saat Akan Melakukan Facial 

1. Ada yang bilang bahwa facial sering menimbulkan iritasi pada kulit. Bukannya makin bersih, malah makin parah keadaannya. Memang kita harus berhati-hati jika ingin facial. Pilih tempat facial yang mengutamakan kebersihan dan kenyamanan Anda.

2. Resiko facial memang lebih besar. Tetapi sebaiknya, jika Anda sering mempunyai masalah pada kulit wajah, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter kecantikan.

3. Khusus untuk perawatan kulit wajah dianjurkan untuk melakukan perawatan sesuai dengan anjuran seorang yang ahli di bidangnya.

El Rany

Model: Diana I Make Up & Hair Do:  Merry (08161463679) | Pengarah Gaya: El Rany |  Narasumber : Etoile Spa, Jl. Hang Lekir Raya No 6 Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12120, Telp: (021-72287229) | Foto: Agus Dwianto/Nova