Awas! Stres Sebabkan Wanita Konsumsi Gula

By nova.id, Kamis, 12 Juni 2014 | 06:24 WIB
Awas! Stres Sebabkan Wanita Konsumsi Gula (nova.id)

Awas! Stres Sebabkan Wanita Konsumsi Gula (nova.id)

"(image: the health site) "

TabloidNova.com - Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa kondisi stres membuatwanita menginginkan makanan serba manis. Penelitian yang diterbitkan dalamjurnal Appetite ini dilakukan oleh ilmuwan asal Brasil dan melibatkan 50 orangwanita berusia rata-rata 33 tahun sebagai responden. 

Seluruh peserta musti mengikuti tes bernama The Stress Symptoms InventoryLipp. Salah satu materi tes adalah menguji kadar Leptin, yakni hormon yangberkaitandengan nafsu makan dan pengaruhnya terhadap berat badan dan tingkat konsumsigula.

Hasilnya, sebanyak 31 wanita dilaporkan mengalami stress dan 26 sisanyaterbukti bebas stress. Dari kelompok wanita yang terbukti stress, 77 persensangat suka mengonsumsi gula yang berdampak pada ukuran lingkar pinggang dantingkat hormon Leptin yang tinggi.

Namun stress bukan satu-satunya penyebab diabetes dan obesitas. Parailmuwan juga menemukan bahwa pola tidur tak teratur menyumbangkan hasil takkalah signifikan pada dua penyakit di atas. Masalahnya, setelah ditelisik,stress pula lah yang menyebabkan seseorang memiliki pola tidur berantakan. Jikasiklus kadar hormon tak seimbang, biasanya seseorang akan menginginkan makananberkalori tinggi dan manis.

Ridho Nugroho / Sumber: Women's Health