Berlarilah dengan Benar

By nova.id, Selasa, 4 Maret 2014 | 07:11 WIB
Berlarilah dengan Benar (nova.id)

Berlarilah dengan Benar (nova.id)

"Foto: Ahmad Fadilah "

Berdasarkan pengalaman Sara Gaynes, editor Healthy Living di Huffington Post, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan olahraga lari. Karena jika Anda tidak melakukannya dengan benar, manfaat dari olahraga ini tidak akan Anda rasakan dengan maksimal.

Apakah itu? Manfaat kesehatan dan tubuh yang proporsional.

Melangkah dengan langkah-langkah yang terkontrol  dan dilakukan dalam suksesi cepat (mirip seperti pemain sepak bola saat menggocek bola).

Saat berlari, langkah harus seperti berjalan lurus tanpa hambatan, tapi dengan langkah-langkah yang lebih pendek dan menjaga kaki dekat bersama-sama.

Berkonsentrasilah ketika menarik napas bahkan saat Anda sedang terengah.

Goyangkan lengan bolak-balik (ke depan-belakang) dengan memastikan keduanya berdekatan di sisi tubuh.

Lakukan Modifikasi Saat berlari, Anda bisa juga melakukan beberapa modifikasi untuk meningkatkan aliran darah. Misalnya dengan berlari di tempat. Pertama, angkat lutut satu per satu hingga ke dada. Lakukan kecepatannya seperti Anda berlari di tempat. Saat itu posisi siku lengan terangkat 90 derajat.

Kedua, bungkukan (90 derajat) tubuh saat melakukannya dan jaga posisi tubuh tetap di tempat. Ketiga, Anda bisa mengganti posisi kaki dari mengangkatnya ke dada menjadi "menendang bokong". Caranya, tekuk lutut ke belakang sampai tumit benar-benar mengenai bokong Anda.

Sara merekomendasikan agar Anda melakukan setiap langkah sebanyak 30 hitungan dan mengulangi setiap gerakan tiga kali.

Ester