Punya Anak, Seks Turun

By nova.id, Jumat, 17 September 2010 | 01:23 WIB
Punya Anak Seks Turun (nova.id)

Dokter Judi, saya (25) dan suami (28) adalah pasangan muda yang sama-sama bekerja. Kami memiliki bayi yang saat ini berumur 5 bulan. Tetapi, sejak mempunyai anak saya hampir tidak punya gairah bercinta. Terkadang saya selalu merasa berdosa karena setiap kali suami meminta berhubungan intim, saya menolaknya. Saya ingin bertanya, apakah faktor penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Terima kasih, Dok.

Maryati ­ Jakarta

Pascapersalinan memang merupakan pengalaman baru yang kadang kala menyita perhatian Ibu akibat sibuk dan ada rasa waswas saat mengurus bayi. Apalagi bila pekerjaan Ibu juga memerlukan kerja keras fisik dan pikiran. Bagaimana proses persalinan yang lalu? Apakah ada trauma kejiwaan yang mengganggu? Atau ada luka jahitan yang menimbulkan nyeri saat berhubungan intim? Bila ada, sebaiknya Ibu kontrol kembali dengan dokter yang menolong persalinan Ibu.

Apakah saat ini merasakan adanya suatu tekanan kejiwaan yang besar akibat memiliki anak atau ada perasaan takut? Bila ya, mungkin saja Ibu mengalami postpartum blues, yakni semacam depresi pascapersalinan. Hal ini mudah diatasi oleh seorang psikolog bila Ibu dan suami bisa bekerja sama untuk mengungkapkan persoalan mendasar yang ada pada Ibu dan suami. Selain itu, sebaiknya Ibu terbuka dengan suami dalam membicarakan semua persoalan Ibu karena siapa lagi tempat curhat selain suami. Demikian juga, suami harus terbuka dan jujur kepada istrinya. Bila hal ini tidak membawa hasil perbaikan, Ibu dan suami sebaiknya berkonsultasi dengan konsultan seksologi. Terima kasih atas pertanyaannya, maaf kalau jawabannya kurang memuaskan.