TBC Saat Hamil

By nova.id, Rabu, 15 September 2010 | 02:05 WIB
TBC Saat Hamil (nova.id)

Dok, saya (28) ibu dari satu anak (3,5) saat ini sedang hamil 5 bulan. Sekarang BB 57 kg dan TB 158 cm. Ketika anak saya berumur 1,5 tahun, saya menderita TBC. Saya berobat 9 bulan dan akhirnya dinyatakan sembuh. Perlu diketahui, kondisi kantor saya adalah smoking area. Di trimester pertama, saya cukup sering batuk pilek. Saya khawatir TBC kambuh, apalagi bila kondisi badan sedang tidak fit. Apa risiko bagi janin bila saya ternyata mengidap TBC? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Herna -­ Tangerang, Banten

Penyakit TBC merupakan penyakit menular dan dapat membahayakan ibu hamil serta janin bila terkena TBC. Penyakit tersebut terutama menyerang paru yang merupakan organ utama dalam sistem pernapasan manusia. Bila paru rusak maka asupan oksigen untuk ibu dan janin akan terganggu. Kalau dibiarkan dapat menyebabkan keguguran atau kematian janin dalam kandungan. Obat-obat TBC tidak seluruhnya aman bagi janin, terutama pada trimester pertama.

Ruangan umum yang dipenuhi asap rokok sangat tidak manusiawi, apalagi bila ada ibu hamil. Ibu perlu menyampaikan pada pimpinan kantor agar dicarikan solusi terbaik sehingga racun-racun dalam rokok tersebut tidak menghancurkan tubuh manusia yang ingin sehat. Saya selalu bertanya, apakah betul bangsa ini penuh toleransi dan mau berbuat baik kepada sesama?

Sebaiknya Ibu berkonsultasi juga dengan spesialis paru, bila Ibu dinyatakan masih menderita TBC, maka akan dipilihkan obat yang "relatif" aman bagi janin dan ibu hamil. Selain itu pemeriksaan ke dokter kandungan sebaiknya dilakukan lebih sering untuk memantau pertumbuhan janin. Kekurangan oksigen dan nutrisi yang lama dapat menyebabkan pertumbuhan janin terhambat dan persalinan kurang bulan. Terima kasih atas pertanyaannya.