Hubungan Buruk dengan Ibu Bikin Pria Susah Ereksi, Benarkah?

By nova.id, Kamis, 8 Januari 2015 | 10:38 WIB
Hubungan Buruk dengan Ibu Bikin Pria Susah Ereksi Benarkah (nova.id)

TabloidNova.com - Studi yang dirilis oleh Jurnal Sexual Medicine menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kaku atau cenderung tegang dan tak harmonis antara seorang ibu dengan anak laki-lakinya bisa mengarah pada masalah seksual ketika dewasa nanti. Singkatnya, hubungan buruk dengan ibu bikin pria susah ereksi. Benarkah?

Untuk mengujinya, Universitas Charles di Praha membuat sebuah survei yang melibatkan 960 orang pria dengan rentang usia antara 15 hingga 88 tahun. Para responden ini akan dicari tahu mengenai kebiasan seksual, seperti masalah ejakulasi dini hingga lamanya waktu bercinta. Mereka juga ditanya mengenai kedekatan dengan Sang Ibu dan pada usia berapa mereka mulai jatuh cinta. Tujuannya, untuk mencari tahu pengaruh kondisi mental pria ketika berada pada fase anak-anak serta remaja yang berpengaruh terhadap kondisi fisik dalam jangka panjang. Studi menemukan bahwa ada hubungan erat antara kurangnya kualitas fungsi seksual saat ini dengan pengalaman jatuh cinta pertama yang terlambat. Hal ini, bisa jadi akan menyebabkan kurang harmonisnya hubungan seksual atau keintiman orang tersebut yang dapat berlangsung dalam waktu lama.

Hubungan Buruk dengan Ibu Bikin Pria Susah Ereksi Benarkah (nova.id)
Hubungan Buruk dengan Ibu Bikin Pria Susah Ereksi Benarkah (nova.id)

"Hubungan tak harmonis antara ibu dan anak laki-laki ditengarai bisa memicu stres yang berimbas pada kesehatan fisik pria. | FOTO: GLOBALPOST.COM "

Namun, survei ini dinilai belum bisa memberi simpulan pasti yang membuktikan adanya kaitan jelas antara masalah di ranjang dengan masalah psikologi. Rachel Sussman, seorang pakar relationship, mengatakan bahwa kenyataannya beberapa orang sering kesulitan fokus saat bercinta karena ia dilanda rasa cemas, stres, terlalu banyak pikiran, sulit melupakan masa lalu, dan sulit bersikap rileks dan santai. Hal tersebut, tambahnya, bisa jadi karena orang tersebut memiliki masalah dengan kepercayaan pada pasangan atau sering dikecewakan karena apa yang ia dapatkan tak sesuai dengan harapannya.

"Untung menyelesaikannya, cari tahu dulu apa yang menjadi masalah dalam diri. Perbaiki, barulah memulai lagi semuanya."

Ridho Nugroho / Shine