Gaya Bersih-bersih Sesuai Sifat (Meledak-ledak)

By nova.id, Selasa, 21 April 2009 | 17:55 WIB
Gaya Bersih bersih Sesuai Sifat Meledak ledak (nova.id)

Gaya Bersih bersih Sesuai Sifat Meledak ledak (nova.id)

"Foto: Dok. NOVA "

Berbakat dan berani. Anda tidak pernah merasa bosan dan tak pernah menyesal bila ada barang pecah-belah yang pecah karena acara pesta di rumah Anda.

Sisi buruknya, Anda selalu menunda pekerjaan yang tidak Anda sukai dan biasanya itu adalah pekerjaan rumah tangga yang akhirnya menumpuk. Lalu, bila tiba-tiba ada tamu yang datang, Anda harus terburu-buru menyembunyikan pakaian kotor (bukan di mesin cuci tetapi yang berserakan di depan pintu kamar mandi!).

Rumah Anda dapat tetap bersih bila menyimak saran berikut:1. Daftar catatan atau jadwal perencanaan, tidak cocok untuk Anda. Jangan pernah coba membuat jadwal untuk mengerjakan sesuatu karena tidak sesuai dengan sifat asli Anda. Sebaliknya, gunakan kemampuan Anda untuk mengerjakan semuanya dalam satu hari. Anda dapat melakukannya pada satu hari libur.

2. Mulailah bersih-bersih sambil memasang musik favorit. Karena Anda tak peduli dengan hal-hal kecil, minta bantuan pembantu atau anak, dari mulai membeli boks, memilah dan memilih barang untuk dimasukkan dalam boks tadi. Beri tulisan di atas boks sesuai jenis barang yang tersimpan di dalamnya sehingga memudahkan Anda saat akan menggunakannya satu saat nanti.

3. Walaupun Anda tidak peduli dengan kerapian, tetap saja perlu menyisihkan sedikit waktu Anda untuk melakukannya. Kerjakan dengan senang hati. Buat Anda segala sesuatu dapat dikerjakan dengan asyik sehingga meminta bantuan orang lain, entah teman, saudara, atau siapa saja, bukan masalah. Untuk membersihkan garasi atau kebun, Anda bisa minta orang lain mengerjakannya.

4. Bila bingung mau menyimpan sesuatu, tempatkan saja di satu boks besar. Tutup rapat dan simpan di garasi. Bila selama 6 bulan Anda tidak pernah membuka boks tersebut, berikan pada orang lain. Nah, Anda pun dapat menyapa tamu dengan ramah walau rumah berantakan. Ingat saja pepatah, "Rahasia rumah tangga yang tak pernah diajarkan ibu Anda adalah teman sejati datang ke rumah Anda untuk bertemu Anda, bukan untuk melihat rumah Anda." Lagipula, mana ada, sih, manusia yang sempurna?

Dok. NOVA