Sesuaikan Karier dengan Kepribadian

By nova.id, Rabu, 8 Mei 2013 | 10:41 WIB
Sesuaikan Karier dengan Kepribadian (nova.id)

Sesuaikan Karier dengan Kepribadian (nova.id)

"Ilustrasi "

Pekerjaan yang tepat tidak hanya harus disesuaikan dengan keahlian, tapi juga kepribadian Anda. Jika Anda sedang mencari pekerjaan berdasarkan kepribadian, menurut Kontributor eHow David Peta,ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

1. Studi kepribadian.

Kenali dulu kepribadian Anda. banyak orang yang tidak menyadari seperti apa karakter diri mereka. Analisis dan coba pahami profil psikologis Anda, ini memungkinkan Anda membuat pilihan informasi sehubungan dengan jalur karir Anda.

2. Tambah keterampilan.

Setelah Anda mengenali karakter Anda, perkaya bagian itu dengan mengambil les atau lainnya. Misalnya, Anda seorang akuntan tapi punya kemampuan akting, Anda bisa mengambil kursus akting. Sangatlah bijaksana untuk menyeimbangkan kepribadian dengan keterampilan dan menemukan karier yang memenuhi kedua hal itu. Penelitian menunjukkan, memilih karier berdasarkan kepribadian atau keterampilan saja biasanya membuat kepuasan kerja rendah.

3. Konsultasi.

Spesialis bimbingan karier akan memberikan langkah-langkah untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan dengan melakukan tes penilaian diri untuk lebih mengarahkan Anda ke arah yang benar.

4. Jangan korbankan kepentingan atas nama kepribadian.

Terkadang, hobi bisa diubah menjadi karir yang menyenangkan, terlepas dari kepribadian atau keterampilan. Misalnya saja fotografi, memasak, dan lain sebagainya.

Ester Sondang