Ingin Karier Lancar? Hidup Harus Seimbang!

By nova.id, Kamis, 2 Mei 2013 | 00:08 WIB
Ingin Karier Lancar HIdup Harus Seimbang (nova.id)

Ingin Karier Lancar HIdup Harus Seimbang (nova.id)

"Ilustrasi "

1. Hindari Menggunakan Komputer di Jam-Jam Terakhir

Hidup kita saat ini memang tak terpisahkan dengan layar monitor ataupun gadget, entah itu aktivitas email, sosial media, baca berita online dan masih banyak aktivitas lainnya yang bergantung dengan penggunaan internet. Budaya ketergantungan ini pada akhirnya memang membantu kemampuan untuk berkonsentrasi.

Hasil studi UC Irvine dan U.S Army tahun 2012 menunjukkan bahwa meminimalisir penggunaan email dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk bisa fokus. Memang tidak lantas menyarankan agar meninggalkan aktivitas ini namun paling tidak cobalah untuk menguranginya di jam-jam terakhir atau sejam sebelum waku bekerja telah usai. Nikmati satu jam tersebut untuk lebih santai dan menyiapkan diri untuk beristirahat sehingga keesokan harinya dapat berkonsentrasi penuh.

2. Seimbangkan Hidup

Mengorbankan kehidupan pribadi untuk pekerjaan hanya akan membuat hidup menjadi tidak efektif. Justru makin meningkatkan jumlah kesalahan yang tentunya membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk memperbaikinya.Selain itu juga menghambat munculnya ide-ide baru yang pada akhirnya membuat hidup semakin tidak teratur dan memunculkan keputusan yang salah.

Selama ini para profesional selalu meyakini bahwa mereka siap 24 jam sehari dan bekerja 7 hari dalam seminggu dapat membuat pekerjaan cepat berhasil. Uji studi dari salah satu lembaga konsultan di Boston yaiu Harvard Business Review menemukan bahwa yang para profesional ini lakukan hanyalah dengan membuat ukuran waktu kerja yang tak beraturan tapi dapat meningkatkan performa kerja walaupun tanpa mengutamakan kepuasan kerja.

Jadi, cobalah temukan satu atau dua aktivitas yang bisa membuatmu lebih bersemangatm misalnya menari atau meditasi dan buatlah menjadi hal yang rutin. Walaupun sempat berpikiran tidak memiliki waktu yang cukup coba curi-curi waktu saja satu atau dua jam selama seminggu untuk membuktikannya. Aktivitas yang menyenangkan dapat membangun kreativitas, perspektif baru, dan meningkatkan kesabaran.

3. Buat to do list di tempat yang terlihat.

Di tahun 2008 penelitian dari Virginia Tech mengungkapkan bahwa membuat catatam penting dalam kalender dengan detil pekerjaan sangatlah membantu untuk mengingatkan.Lebih baik lagi semua informasi tersebut diletakkan di tempat yang sama. Biasanya dengan melihat daftar pekerjaan yang harus di selesaikan dapat membuat rencana lebih terorganisir. Pilihlah kertas atau dalam bentuk digital dan tempatkan pada area yang gampang terlihat. Tuangkan semua detail agar pikiran bisa lebih bebas dan bisa lebih fokus mengerjakan tugas-tugas yang menanti.

Dan yang terpenting yang tak bisa dilupakan adalah soal kapasitas untuk menentukan prioritas utama untuk di fokuskan. Cobalah selama dua minggu hingga tiga minggu kedepan untuk meningkatkan kemampuan meningkatkan fokus dan lihat hasilnya dengan cepat bahwa langkah ini dapat membantu.

Swita/The Daily Muse