Cara Mudah Mengurangi Rasa Bersalah

By nova.id, Rabu, 17 April 2013 | 10:36 WIB
Cara Mudah Mengurangi Rasa Bersalah (nova.id)

Cara Mudah Mengurangi Rasa Bersalah (nova.id)

"Ilustrasi "

Jika tidak segera diatasi dan diobati, rasa bersalah mampu menghancurkan kehidupan Anda, lho. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan perasaan bersalah. Yaitu:

Identifikasi Sumber Rasa Bersalah

Buatlah daftar masalah yang membuat Anda merasa bersalah, termasuk kejadian yang terjadi di luar kendali Anda. Jangan malu mengungkapkannya, karena tidak ada orang lain yang melihatnya. 

Tinjau Ulang 

Tinjau setiap hal dalam daftar dan katakan hal negatif mengenai hal itu dari pikiran Anda. Misalnya, "Aku mengerikan", "Aku tidak cukup baik", atau "Aku membiarkan orang lain jatuh". Lalu, ulangi sekali lagi dengan mengurangi hal negatif dan tidak menempatkan semua kesalahan pada Anda.Akui bahwa Anda sudah mengontrol tindakan Anda semampunya.

Minta Maaf

Jika permintaan maaf merupakan jalan terbaik, lakukan. Tunjukkan bahwa Andamencintai dan menghargai mereka dengan memperbaiki sikap Anda. Konseling

Jika rasa bersalah tetap tidak hilang dan malah menyebabkan depresi klinis, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikannya dengan psikolog atau terapis. 

Ester Sondang