Kecelakaan Di Rumah: Menghindar dari Kebakaran

By nova.id, Selasa, 9 April 2013 | 10:55 WIB
Kecelakaan Di Rumah Menghindar dari Kebakaran (nova.id)

Kecelakaan Di Rumah Menghindar dari Kebakaran (nova.id)

"Foto: Moonstar Simanjuntak "

Agar Anda terhindar dari bahaya kebakaran di rumah, WebMD memberikan tips-tips seperti berikut ini:  

1.    Memiliki alarm asap. Menurut laporan National Fire Protection Association (2005), sekitar setengah dari kematian terkait kebakaran di AS terjadi pada 5 persen dari rumah yang tidak memiliki alarm asap.Sedangkan rumah dengan alarm asap, hanya seperempatnya saja yang alarmnya bekerja dengan baik. Sisanya, hilang, mati, atau terputus karena baterai habis.Pasang alarm asap di setiap tingkat rumah Anda dan di atau dekat setiap kamar tidur. Gunakan jenis alarm asap yang fotoelektrik atau ionisasi. Uji alarm setiap bulan dan ganti baterai setiap enam bulan sampai satu tahun.  

2.    Hati-hati saat memasak. Jangan berada di dekat kompor, terutama ketika menggoreng. Singsingkan lengan baju Anda  ketika memasak dan jangan pernah memasak dengan lengan baju yang longgar, serta gunakan sarung tangan oven.  

3.    Jangan biarkan anak-anak bermain di dekat kompor atau membantu Anda memasak di kompor. Geser tutup atas api untuk memadamkan api kompor kecil. 

4.    Jangan abaikan pemeliharaan. Apakah kabel di rumah Anda diperiksa oleh ahli listrik profesional setidaknya sekali setiap 10 tahun? Cerobong asap, perapian, tungku, dan kayu dan kompor batu bara harus diperiksa setahun sekali dan dibersihkan, bila perlu.  

5.    Gunakan akal sehat. Jauhkan pemantik api dari jangkauan anak-anak dan masukkan dalam lemari yang terkunci. Banyak anak yang terbakar parah setiap tahun karena bermain-main dengan barang itu.   Hal lainnya, tutup outlet listrik, singkirkan kabel listrik yang menjuntai atau rusak, jaga ruang pemanas setidaknya 3 meter dari benda yang mudah terbakar, tiup lilin ketika Anda meninggalkan ruangan, cabut alat pengeriting rambut bila tidak digunakan..  

6.    Atur pemanas air panas di 120 derajat F. Air yang panas ini dapat menyebabkan luka bakar dalam 2 - 3 detik.  

7.    Jika Anda merokok amankan api pada rokok Anda dengan membuang puntung rokok di tempatnya. Dan jangan merokok di dalam rumah, jauhkan asapnya dari anggota keluarga yang lain. Yang terpenting, berhentilah merokok.  

8.    Bersiaplah untuk api. Tempatkan alat pemadam kebakaran di lokasi strategis dan tahu bagaimana menggunakannya. Jika Anda memiliki rumah baru, pertimbangkan memiliki sistem sprinkler. Lakukan latihan kebakaran bulanan dengan keluarga Anda. Berlatihlah untuk melarikan diri, bagaimana jika pakaian terbakar (segera Jatuhkan diri ke tanah, tangan menyilang dada, dan bolak-balikkan badan untuk memadamkan api), dan bagaimana mendinginkan bagian yang terbakar dengan air dingin.  

Ester Sondang