Kecelakaan Di Rumah: Terluka Karena Benda Tajam

By nova.id, Selasa, 9 April 2013 | 09:50 WIB
Kecelakaan Di Rumah Terluka Karena Benda Tajam (nova.id)

Kecelakaan Di Rumah Terluka Karena Benda Tajam (nova.id)

"Ilustrasi "

Meski demikian, jika tidak berhati-hati, pisau tajam dan benda lainnya dapat juga membahayakan diri Anda.  Berikut ini tips dalam menggunakan benda tajam di rumah:  

1.    Potong dengan benar. Gunakan ukuran yang benar dan jenis pisau untuk pekerjaan yang Anda lakukan. Sebagai contoh, sebuah pisau kecil untuk memotong sayuran dan pisau panjang untuk mengukir daging.  

2.    Jangan memegang sesuatu di tangan Anda saat memotong. Gunakan talenan besar. Jangan sampai jari Anda berada di bawah ketika memegang makanan, tapi jauhkanlah dari pisau.  

3.    Jauhkan mata dari potongan. Ini untuk menghindari bahaya ketika Anda terganggu oleh anak-anak, TV, dan telepon.  

4.    Ketika pisau jatuh jangan berusaha menangkapnya. Tapi melangkahlah mundur dan biarkan pisau jatuh ke lantai.  

5.    Jauhkan pisau jauh dari tepi talenan atau meja. Jangan melempar handuk atau serbet di atas pisau sehingga Anda tidak bisa melihatnya. Jangan pernah meninggalkan pisau di wastafel atau di dalam air sabun, di mana seseorang dapat mencapai tanpa melihat pisau. Bersihkan, keringkan, dan jauhkan pisau setelah Anda menggunakannya.  

6.    Simpan pisau dengan amandi tempatnya dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.  

7.    Ajari anak mengenai keselamatan benda tajam. Ketika anak berada di dapur, ajari mereka untuk tidak berlari, tapi berjalan. Saat anak-anak membantu Anda memotong, ijinkan mereka hanya menggunakan pisau plastik.  

Ester Sondang