Cantiknya Warna-warni Adenium Baru (3)

By nova.id, Senin, 11 Januari 2010 | 17:05 WIB
Cantiknya Warna warni Adenium Baru 3 (nova.id)

Butuh Matahari LangsungApa saja yang harus diperhatikan untuk menanam dan merawat adenium?1. Adenium memerlukan matahari penuh. Jadi, tempatkan dia di tempat yang mendapat sinar matahari full dari pagi sampai sore. Keterbatasan ruang, seperti hanya kena matahari di pagi hari saja, akan membuat adenium tumbuh tidak optimal. Yang harus diingat, adenium adalah tanaman yang aslinya tumbuh di Afrika yang kaya matahari.

2. Adenium tidak bisa hidup di media tanah Indonesia. Medianya harus media yang sangat remah (porous). Jangan dicampur dengan tanah, karena akarnya sangat rentan jika tergenang. Media yang sangat remah ini banyak sekali, misalnya pakis atau arang sekam. Yang jelas, media tanam ini juga harus tahan lama remahnya, tidak menjadi keras.

3. Adenium butuh air secara rutin, bisa disiram 1-2 hari sekali. Yang penting air hanya disiramkan ke media tanam saja, karena adenium tidak suka kelembapan tinggi. Bagaimana kalau musim hujan? Yang penting tetap tempatkan di tempat terbuka. Biarkan ia kena hujan, tapi ia juga kena sinar matahari supaya bisa berfotosintesa dengan baik.

4. Sebaiknya pot adenium tidak langsung diletakkan ke tanah. Gunakan semacam penyangga supaya kelebihan air bisa langsung terdrainase keluar.

5. Pemupukan bisa menggunakan slow release atau pupuk cair yang dicampur air. Siramkan hanya di media tanam sekali atau dua kali seminggu.

Hasto Prianggoro/Nova