Si Kuning Pemanis Beranda (2)

By nova.id, Senin, 14 Desember 2009 | 17:04 WIB
Si Kuning Pemanis Beranda 2 (nova.id)

Tanam di potSelain sebagai tanaman pergola, malaithong juga bisa ditanam dalam pot. Namun, karena karakter batangnya yang lebih menjurus merambat, maka sebaiknya ditanam dalam pot gantung. Meski ditanam dalam pot gantung, juga perlu diingat untuk memperhatikan kapasitas media tanam.

Lain halnya jika ditanam sebagai pergola yang memang tidak perlu memikirkan peremajaan media tanam. Apalagi tanaman ini memang bukan jenis tanaman yang rewel. Musuh alamnya hanya belalang dan ulat yang bisa dibasmi dengan insektisida setiap 3 bulan di media tanam. Sementara jika dipersiapkan untuk tanaman dalam pot, harus memperhatikan pertumbuhan daunnya. Jika daun mulai menguning atau cepat kering, bisa jadi karena pohon sudah terlalu penuh. Langkah yang perlu diambil adalah men-split tanaman, sehingga pohon mulai meremaja kembali.

Jika merasa sayang men-split, cukup pruning saja dan perbesar tempat media tanam. Cara ini juga digunakan ketika malaithong di atap pergola sudah tidak rapi. Media tanam bisa berupa campuran tanah merah dan sekam bakar dengan perbandingan yang tidak membuat terlalu lembap

Laili DamayantiFoto-foto: Daniel Supriyono/ NOVALokasi: Godong Ijo Nursery, Sawangan, Depok