Oh, Ini Toh Manfaat Petroleum Jelly....

By nova.id, Senin, 22 September 2014 | 06:23 WIB
Oh Ini Toh Manfaat Petroleum Jelly (nova.id)

Oh Ini Toh Manfaat Petroleum Jelly (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Petroleum jelly atau petrolatum awalnya ditemukan oleh seorang ahli Kimia, Robert Chesebrough sekitar tahun 1872 lalu. Pada saat itu, Robert meneliti hasil sampingan berupa lilin dari proses pengolahan minyak bumi. Lilin atau wax ini kemudian didistilasi vakum menjadi semacam jeli yang disebut petrolatum. Dalam temperatur ruangan, petrolatum berubah menjadi lebih semipadat. Bahan ini memiliki kandungan hidrokarbon dan tidak berbau.

Awalnya, petrolatum dipasarkan sebagai salep luka bakar kendati sebenarnya lebih bermanfaat menghindari kontaminasi atau infeksi dari luka bakar terbuka. Dalam perkembangannya, petroleum jelly juga digunakan sebagai bahan dasar kosmetik berbentuk krim dan losion. Bahan ini telah terbukti dapat mengembalikan kelembapan kulit yang kering juga mengatasi kulit pecah-pecah.

Kenali yuk, berbagai manfaat petroleum jelly.

1. Goresan Sepatu KulitJika Anda memiliki sepatu kulit licin maupun sepatu kulit mahal yang memiliki sedikit goresan, gunakan petrolatum untuk mengatasinya. Pakai kapas yang dioles petrolatum kemudian gosok lembut pada goresan sepatu.

2. Ritsleting MacetBeri sedikit petrolatum di ujung kapas, lalu oleskan pada gigi ritsleting dan kepala ritsleting yang macet. Tarik kepala ritsleting maju mundur untuk mengondisikan.

3. Hapus Riasan MataLapisi kelopak mata yang masih menggunakan riasan mata menggunakan petrolatum hingga merata. Seka lembut petrolatum menggunakan tisu atau kapas kecantikan.

4. Manikur SempurnaOleskan petrolatum di sekitar kuku yang tak ingin terkena kuteks. Aplikasikan kuteks seperti biasa. Petrolatum akan mencegah kuteks melekat di kulit.

5. Derit EngselAplikasikan petrolatum di engsel pintu, lemari, jendela dan sejenisnya yang kerap berderit saat berputar.

6. Noda Cat RambutOleskan petrolatum ke batas dahi atau batas rambut yang akan diaplikasikan cat rambut. Ini akan mencegah pewarna rambut menodai dahi juga mencegah bahan kimia yang tak diharapkan menyentuh kulit wajah.

7. Mudah Kenakan AntingLumasi lobus alias anak telinga dengan petrolatum untuk membuat penyisipan anting lebih mudah dan tanpa rasa sakit.

8. Tempelan Permen KaretJika secara tak sengaja rambut Anda terkena permen karet, petrolatum dapat digunakan untuk mengatasinya. Aplikasikan petrolatum di rambut yang terkena permen karet, lalu angkat permen karet seperti biasa. Ulang-ulang pengolesan petrolatum hingga permen karet benar-benar terangkat bersih.

9. Cegah SemutKerap kesal dengan semut-semut nakal yang merayapi wadah susu maupun mangkuk makanan hewan Anda? Oleskan saja tipis-tipis petrolatum di sisi luar wadah yang ingin dicegah dari semut.

Laili Damayanti / Dari berbagai sumber