Selembut Tule

By nova.id, Minggu, 29 September 2013 | 04:05 WIB
Selembut Tule (nova.id)

Selembut Tule (nova.id)

"foto: gettyimages "

Dilihat dari bahan pembuatnya, tule terbagi menjadi dua, yakni tule sutra dan tule sintetis. Tule sutra mempunyai nilai lebih dan harganya lebih mahal dibandingkan dengan tule sintetis. Tule sutra bahannya sangat halus dan fragile, jadi harus hati-hati dalam penggunannya karena cepat sobek. Bahan tule yang dikenal saat ini telah melewati perjalanan panjang. Sejak kapan tule mulai digunakan tidak tercatat dalam sejarah, namun diperkirakan setua bahan linen yang berasal dari peradaban Mesir.

Ciri-Ciri Tule- Berpori atau jaring-jaring, seperti jala tapi lebih rapat.- Banyak digunakan sebagai bahan pengembang rok bagian dalam.- Transparan.

Tips Merawat TuleBahannya yang halus membuat tule mudah rusak dan gampang sobek, sehingga perawatannya harus diperhatikan. Berikut panduannya:- Sebaiknya tule dicuci kering/dry clean. Bila dicuci menggunakan air, karakter tule yang kaku akan hilang dan berubah menjadi lemas. - Untuk pemakaian sehari-hari, pilih tule yang mempunyai kadar polyster tinggi karena akan sering di-dry clean. - Tule untuk baju pesta atau baju pengantin yang dipakai hanya 3-4 jam cukup diangin-anginkan saja.

Jenis Tule- Tule sutra- Tule sintetis- Tule poliester- Tule stretch- Tule katun

Ita Adnan - Dari berbagai sumber

foto: gettyimages