Berani Coba Pakai Makeup Tanpa Bedak? Ini Syaratnya!

By nova.id, Senin, 26 Januari 2015 | 09:50 WIB
Berani Coba Pakai Makeup Tanpa Bedak Ini Syaratnya (nova.id)

Tabloidnova.com - Harus diakui, produk kosmetik satu ini memang tidak bisa dilepaskan sebagai bagian terpenting dari hasil makeup atau riasan wajah. Maka, tantangan mengenakan makeup tanpa bedak rasanya sulit dilakukan. Ya, kendati bedak memicu pori-pori besar wajah, nyatanya bedak jelas memiliki fungsi menyempurnakan hasil riasan.

Setelah tren makeup natural dan tren makeup glowing 'flawless' digemari setahun belakangan, kini pertanyaan pun kerap muncul di benak para perempuan yang lebih suka wajahnya tampil minim riasan. Salah satunya dengan memulas bedak maupun alas bedak.

Jadi, apakah bisa mengenakan makeup tanpa bedak? Jawabannya, tentu bisa. Namun kondisi ini jelas membutuhkanya sejumlah persyaratan khusus, karena sejatinya bedak dan makeup bertujuan menutupi kekurangan wajah.

"Mungkin saja kok. Semua itu tergantung selera dan kebutuhan. Penting diketahui bahwa mengaplikasikan makeup tanpa bedak itu butuh kondisi wajah yang sehat, bersih, dan bebas masalah kulit lainnya agar hasilnya bagus," jawab Puri Indah Sari, Makeup Artist Profesional.

Selain kulit wajah sehat dan mulus, Puri pun menuturkan bahwa makeup tanpa bedak bisa diaplikasikan bagi pemilik wajah kering dan cenderung normal. Khusus pemilik wajah berminyak, agak sulit untuk menerapkan gaya makeup tanpa bedak ini, pasalnya bedak bertugas mengurangi efek minyak dan menutupi kilap yang muncul dari sebum alami serta keringat yang keluar tanpa disadari dari wajah saat beraktivitas.

Lebih lanjut, Puri menambahkan bahwa makeup tanpa bedak cocok untuk acara kasual atau semi formal saja, "Dikhawatirkan kalau makeup tanpa bedak diaplikasikan saat menghadiri acara pesta, rapat, atau seminar yang mengharuskan bertemu orang banyak, malah memberi kesan buruk pada penampilan wajah," saran Puri.

Lain halnya dengan Mariyani, Terapis Kecantikan Kulit Wajah dari klinik Marry Body and Face, di bilangan Jakarta Barat. Mariyani yang sehari-harinya menangani pasien berjerawat dan berkomedo justru sangat mengusung pentingnya kebiasaan makeup tanpa bedak. Mariyani beralasan bahwa bedak baik dalam kadar atau tekstur ringan maupun berat seperti alas bedak tetap sangat berpengaruh langsung pada kondisi kulit wajah.

"Saya sering merekomendasikan pasien untuk mengurangi penggunaan bedak yang digantikan fungsinya melalui pelembap, BB Krim, serum wajah, atau sedikit saja concealer. Ada beberapa pasien saya yang kesehatan kulitnya ternyata lebih baik ketika tercatat dua bulan mulai menghindari bedak untuk makeup keseharian," cerita Mariyani.

Meskipun begitu, Sarjana Lulusan Kesehatan Masyarakat tersebut juga menganjurkan perawatan kulit wajah secara rutin untuk menjaga kesehatan jangka panjangnya. Mariyani mengakui bahwa makeup tanpa bedak bukan satu-satunya pemicu kulit mulus dengan pori-pori mengecil. Serangkaian aksi seperti menjalani pola hidup dan makan sehat merupakan syarat mutlak kesehatan kulit wajah.

Ridho Nugroho