Cara Memaksimalkan Pelukan Kangguru

By nova.id, Senin, 5 Mei 2014 | 03:15 WIB
Cara Memaksimalkan Pelukan Kangguru (nova.id)

TabloidNova.com - Ikatan orangtua-anak merupakan ikatan palingkuat dari semua hubungan yang ada di dunia ini. Namun berdasarkan penelitian, 2 dari 5 anaktumbuh dengan kurangnya kasih sayang (secureattachment) dari orangtua mereka. Anak-anak yang kurang kasih sayang cenderung melakukan hal buruk di sekolah dan menderita depresi dibandingkan anak-anakyang mendapatkan cukup kasih sayang dari orangtuanya.

Susan M Ludington, RN, PhD, direktureksekutif United States Institute forKangaroo Care, mengatakan, ada cara mudah membentuk secure attachment pada anak. "Selalu membangun interaksi dengananak selama masa pertumbuhan mereka." Salah satu caranya adalah dengan kerap memberikan anak pelukan kanguru.

Tetapi, kapan sebaiknya pelukan kangguru dilakukan?

Ludington mengatakan, dua jam pertama setelah bayi dilahirkan merupakan saat yang paling penting untuk melakukan pelukan kangguru. Setelah itu, lebih sering lebih baik. Untuk bayi prematur, pelukan kangguru bisa dijadikan alternatif pengganti inkubator. Tujuannya, untuk meningkatkan berat badan lahir rendah dan membantu bayi mengatur suhu tubuhnya. Malika D Shah, MD, asisten profesor pediatri dan neonatologi di Northwestern University Feinberg School ofMedicine merekomendasikan bayi prematur mendapatkan pelukan kangguru lebih sering pada 20 minggu pertama hidupnya. "Lakukan selama keduanya (ibu dan bayi) menikmatinya," katanya. "Ketika bayi Anda mulai rewel dan mencoba untuk turun dari dada Anda, itu pertanda baik saatnya untuk membiarkan ia melakukan 'hal'-nya sendiri."

Ester Manulang/Fit Pregnancy